Sabtu, 23 Januari 21

BTN Beri Saran ke Masyarakat untuk Tidak Menunda Beli Rumah

BTN Beri Saran ke Masyarakat untuk Tidak Menunda Beli Rumah
* Vice President Non-Subsidized Mortgage and Consumer Lending Division PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Suryanti Agustinar di konferensi pers BTN secara virtual, Senin (11/1/2021). (Foto: layar tangkap)

Jakarta, Obsessionnews.com – Vice President Non-Subsidized Mortgage and Consumer Lending Division PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Suryanti Agustinar mengatakan, di tengah tekanan pandemi, sektor perumahan mengalami pertumbuhan mencapai 2 persen pada triwulan III 2020 dan di 2021 diproyeksikan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5 persen pada sektor perumahan.

“Penyaluran KPR BTN di 2020 masih on track dengan target meski ada pandemi. Penjualan perumahan untuk segmen MBR masih signifikan, tapi di atas Rp 500 juta ada penurunan,” ujar Suryanti dalam konferensi persnya secara virtual, Senin (11/1/2021).

Sedangkan untuk pembeli rumah pertama di masa pandemi tidak ada penurunan, karena merasa harus punya rumah. “Sehingga di tahun 2021 dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih bagus, perbankan lebih yakin lagi,” tambah Suryanti.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat jangan menunda untuk membeli properti, karena harga memang sedang terjangkau.

“Mungkin para pengembang sedang ingin mempercepat cashflow-nya sehingga memberikan diskon-diskon yang luar biasa menarik dan tidak akan bisa didapatkan lagi saat momentum pascapandemi Covid-19,” katanya.

Seperti diketahui, BTN mencatatkan KPR Subsidi tumbuh di level 6,09 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp104,46 triliun pada Oktober 2020.

Sedangkan penyaluran KPR non-subsidi senilai Rp71,91 triliun. Di segmen pembiayaan syariah yang didominasi KPR pun, BTN Syariah mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,31 persen yoy menjadi Rp24,56 triliun per Oktober 2020. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.