Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

BRISat Siap Diluncurkan 9 Juni

BRISat Siap Diluncurkan 9 Juni

Jakarta, Obsessionnews – Space Systems/Loral, LLC (SSL) Palo Alto, California, pabrik pembuat BRI Satelit milik PT Bank BRI (Persero) Tbk, siap meluncurkan ke orbit BRISat, 9 Juni mendatang di Kourou, French Guiana.

“Persiapan peluncuran BRISat semakin matang. Tahapan Final Performance Test yang dilaksanakan di pabrik Space Systems/Loral, LLC (SSL) Palo Alto, California, telah dilalui dengan sukses. Final Spacecraft Pre-Shipment Review pun sudah dilakukan, sehingga proses manufaktur satelit telah dinyatakan selesai dan sesuai dengan requirement pada kontrak,” ujar Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga Amijarso, seperti dilansir laman BRI.co.id, Selasa (31/05/2016).

baca juga:

Garuda-Bank BRI Joint Co Branding Debit Card

BRI Raih Best Bank in Indonesia 2016

Bank BRI Sabet Obsession Awards 2016

Berikutnya satelit siap dikirim ke Kourou untuk persiapan peluncuran. Pengiriman ke lokasi peluncuran (Kourou) telah dilakukan pada 8 Mei 2016 lalu dengan pesawat kargo Antonov-124, tiba 9 Mei 2016 waktu Kourou, French Guiana.
“BRI, SSL dan Arianespace telah menyepakati bahwa peluncuran akan dilakukan 8 Juni 2016 pukul 20.30-21.15 UTC atau 9 Juni 2016 WIB,” imbuh Hari Siaga.

Sementara itu, untuk pembangunan satellite control facility sudah hampir 100%. Tim teknis telah selesai melaksanakan sebagian besar proses Instalasi dan Site Acceptance Test (SAT) yang akan dilanjutkan dengan End To End Testing (ETE).

“Untuk operator satellite control facility juga sudah ready, baik secara keilmuan maupun praktek,” tutur Hari Siaga.

Terkait dengan coverage risiko dalam penutupan BRIsat launch and in orbit insurance, Bank BRI bersama Jasindo (Ketua Konsorsium Asuransi Lokal) dan Marsh (Broker Asuransi Internasional) telah menyelesaikan wording dalam polis asuransi BRIsat. “Jasindo pun telah menyampaikan secara resmi polis tersebut kepada BRI,” kata Hari Siaga.

Lebih lanjut Hari Siaga mengatakan, BRISat merupakan salah satu inovasi BRI untuk memberikan layanan jasa perbankan ecara optimal kepada seluruh masyarakat Indonesia hingga ke seluruh penjuru tanah air.

Dengan beroperasinya BRISat ini nantinya BRI akan lebih menghemat pengeluaran biaya operasional sebesar 50% dibandingkan jika melakukan sewa jasa satelit untuk komunikasi jaringan.

“Selain itu yang tak kalah pentingnya, bisa meminimalisir gangguan jaringan sekitar 11 ribu kantor, 22 ribu Automatic Teller Machine (ATM) BRI, dan 180 ribu Electronic Data Capture (EDC) BRI,” tutup Hari Siaga. @reza_indrayana

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.