Minggu, 14 Agustus 22

BRIsat, Pertama di Dunia, Kebanggaan Indonesia

BRIsat, Pertama di Dunia, Kebanggaan Indonesia
* BRIsat kebanggaan Indonesia.

Jakarta, Obsessionnews.com – Sebagai perusahaan bank terbesar di Indonesia PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) telah mampu menorehkan tonggak sejarah baru bukan hanya untuk dirinya, tapi juga bagi industri finansial dunia. Ini ditandai dengan meluncurnya satelit BRI atau BRIsat.

Satelit kebanggaan Indonesia tersebut diluncurkan Arianespace di Guyana Space Center, Kourou, Guyana Prancis, pada Jumat, 17 Juni 2016, pukul 17.30 waktu setempat. Dikatakan menjadi kebanggaan, karena BRI telah mencatat rekor sebagai bank pertama di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelit telekomunikasi.

Ini tentu menjadi capaian yang luar biasa bagi perusahaan plat merah ini di tahun 2016, tahun di mana negara-negara dunia banyak yang mengalami krisis ekonomi. BRI justru bisa tampil memainkan perannya sebagai perusahaan berbankkan yang survive dengan inovasi teknologi terbarunya.

Memiliki satelit sendiri sudah diimpikan oleh BRI sejak 1980. Pihak BRI menyadari, dari tahun ke tahun ketergantungan industri finansial terhadap teknologi telekomunikasi‎ semakin besar. Karena itu, terus mengejar impiannya untuk bisa memiliki satelit pribadi. Sebab, dengan satelit itu BRI bisa menghemat beban operasi hingga 40 persen atau sekitar Rp 200 miliar.

Selama ini BRI menyewa satelit berkapasitas 23 transponder dari pihak lain dengan biaya Rp 500 miliar per tahun.‎ Tentu ini dengan satelit bisa mengurangi beban BRI selama ini, meski diketahui

BRIsat menelan investasi Rp 3,375 triliun.‎ Namun, paling tidak dengan adanya satelit ini ‎bisa meminimalkan gangguan jaringan pada 11 ribu kantor cabangnya diseluruh pelosok negeri.

Dengan begitu bisa dikatakan memiliki satelit ‎saat ini adalah waktu yang tepat. Pasalnya, kepemilikan satelit terjadi saat setiap bank berlomba mengembangkan branchless banking dan mewujudkan financial inclusion. BRI berhasil memilikinya diusia yang matang.

Di tahun 2016 BRI menargetkan menjadi regional MSME bank dengan full banking services dan pada 2017 menjadi menjadi integrated banking solution. Dengan capaian itu, pada 2018, BRI akan naik kelas menjadi the most valuable bank.

Sedang pada tahun 2019, BRI menjadi the largest digital banking network, dan pada tahun 2020 menjadi the best digital banking services. Ini artinya, melalui satelit tersebut, BRI secara tidak langsung sudah siap untuk menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi Asean 2020.

‎Sekedar menambahkan, BRIsat, yang memiliki 45 transponder, tidak hanya dimanfaatkan untuk dirinya, tapi juga dimanfaatkan empat instansi pemerintah, yakni Kementerian Pertahanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Berikut spesifikasi BRIsat.

Jenis: satelit telekomunikasi
Produsen: Space Systems Loral
Massa: 3.540 kilogram (at liftoff)
Stabilisasi: 3 kutub (axis)
Dimensi: 5,6 meter x 3,5 meter x 3,1 meter
Platform: SSL 1300
Transponder: 9 Ku-band dan 36 C-band
Daya: 9,5 kilowatt
Umur pakai: lebih dari 15 tahun
Posisi orbit: 150,5 derajat Bujur Timur
Jangkauan layanan: Indonesia, Asia Tenggara, dan Asia Timur

(Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.