Jumat, 7 Oktober 22

BRIsat Disarankan Maksimalkan Sisa Transponder

BRIsat Disarankan Maksimalkan Sisa Transponder

Jakarta, Obsessionnews.com – Satelit menentukan gerak cepat komunikasi jarak jauh, khususnya meningkatkan pelayanan di dunia perbankan. Namun di sisi lain satelit juga memiliki kapasitas yang fungsinya harus seimbang dengan kebutuhan.

Seperti satelit yang akan diluncurkan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRIsat) oleh Space System/Loral (SSL) ini memiliki total 45 transponder (pemancar),  yang masing-masing terbagi 23 transponder untuk BRI dan empat transponder untuk pemerintah.

Roy Suryo.
Roy Suryo.

Menurut pengamat telematika, Roy Suryo, ada 18 transponder yang tersisa harus segera dimanfaatkan guna menghasilkan pendapatan yang sesuai untuk pemeliharaan satelit yang terbilang tidak murah. Tetapi tidak menjadi masalah jika diseimbangkan harga sebuah dengan kedaulatan afmosfer Indonesia.

“Namun untuk sebuah bank itu jadi sebuah pertanyaan besar. Sebab transponder tidak semua akhirnya dipakai oleh perbankan itu sendiri, saya kira paling banyak internal seluruh nya 23 transponder yang dipakai. Berarti kan ada sisa atau kapasitas, itu akan dikemanakan? Itu harus dijual atau disewakan,” kata Roy kepada Obsessionnews.com, Rabu (15/6/2016).

Mantan anggota Komisi I DPR yang membidangi telekomunikasi ini menuturkan, pihak BRIsat harus memikirkan masa dua hingga lima tahun yang akan datang. Bagaimana sisa transponder bisa dimanfaatkan secara efisien.

“Kinerja BRIsat harus lebih maksimal lagi untuk mendapatkan kerjasama mengisi transponder yang tersisa, apalagi biaya pemeliharaan satelit tidak sedikit. Saya hanya mengkhawatirkan pergantian rezim di suatu saat nanti yang mungkin siapa tahu ada tidak efisien dalam anggaran negara yang terpakai di satelit ini. Untungnya saat ini tidak dipermasalahkan,” tutup Roy. (Aprilia Rahapit, @aprilia_rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.