Minggu, 2 Oktober 22

BRI Tegaskan Komitmen Edukasi UMKM Lewat Pesta Rakyat Simpedes

BRI Tegaskan Komitmen Edukasi UMKM Lewat Pesta Rakyat Simpedes
* Menteri BUMN RI Erick Thohir dan Direktur Utama BRI Sunarso menghadiri Pesta Rakyat Simpedes di Galuh Mas Karawang (Dok. Humas BRI)

Obsessionnews.com – Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mewujudkan komitmen dalam memberdayakan UMKM serta menjadi pendorong inklusi keuangan di Indonesia. Wujud komitmen itu, salah satunya ditunjukan dengan memberikan kesempatan ‘unjuk gigi’ bagi pelaku UMKM dalam ajang Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di Lapangan Galuh Mas, Karawang, Jawa Barat, pada 5-7 Agustus 2022. Acara tersebut dihadiri Menteri BUMN RI Erick Thohir, Direktur Utama BRI Sunarso, Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana, serta dimeriahkan sederet musisi dan artis kenamaan.

PRS merupakan acara yang rutin digelar tahunan oleh BRI sejak tahun 2008 sebagai wadah pemberdayaan UMKM dengan mengangkat enam pilar utama kegiatan, yaitu Pasar, Pawai, Panen, Panggung, dan Peduli. Tahun ini gelaran PRS telah berlangsung sejak Juni 2022, dan  akan digelar di 379 titik yang tersebar di seantero negeri hingga akhir tahun.

Komitmen BRI dalam pemberdayaan UMKM sudah dibuktikan, antara lain BRI sebagai induk berhasil membentuk holding ultra mikro bersama Pegadaian & PNM, pembangunan komunitas Desa BRIliaN, Platform Digital Link UMKM, dan lainnya. “Pesta Rakyat Simpedes menjadi sarana yang tepat memfasilitasi UMKM untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam berbisnis. Selain literasi keuangan melalui penyediaan layanan keuangan yang lengkap seperti layanan digital banking BRIMo, pinjaman, simpanan, investasi emas dan saham, pada PRS ini juga terdapat kelas-kelas pelatihan untuk pemberdayaan UMKM naik kelas,” tambah Erick.

Selain membawa misi pemberdayaan UMKM, Pesta Rakyat Simpedes 2022 juga bertujuan mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya nasabah Tabungan BRI Simpedes untuk dapat lebih percaya diri (pede) mengelola keuangan, pede berbisnis, dan pede bekerja. Hingga akhir Kuartal II-2022 tercatat jumlah rekening Tabungan BRI Simpedes mencapai sebanyak 110,98 juta rekening dengan total simpanan mencapai Rp282,38 triiliun.

 

Pemberdayaan UMKM Agar Terus Produktif

Direktur Utama Sunarso mengatakan BRI senantiasa konsisten dengan misinya membawa UMKM “Naik Kelas”. Skala bisnis UMKM dapat meningkat apabila terjadi peningkatan produktivitas. BRI pun hadir untuk mendukung, salah satunya melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hingga Semester I-2022, realisasi KUR BRI telah menyentuh Rp107,5 triliun atau 48% dari kuota yang diberikan sebesar Rp260 triliun.

Sunarso menambahkan bahwa berdasarkan riset yang dilakukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menunjukkan setiap akses KUR berpotensi meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Dari penyaluran KUR BRI terhadap 10,7 juta nasabah tersebut diproyeksi dapat menyerap 32,1 juta lapangan kerja di seluruh Indonesia. “Tantangan yang sangat besar di depan, BRI sudah siap dengan beberapa tools untuk membantu pelaku UMKM dapat terus tumbuh dan naik kelas melalui akses permodalan dan pemberdayaan yang mudah dijangkau,” pungkasnya.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.