Sabtu, 23 Oktober 21

BRI Siapkan Cadangan Kredit Macet 198%

BRI Siapkan Cadangan Kredit Macet 198%
* Kantor Bank BRI.

Jakarta, Obsessionnews.com – Demi menjaga stabilitas perbankan, jelang akhir tahun 2017, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk atau BRI tengah melakukan upaya mengantisipasi potensi kredit bermasalah dengan menyiapkan biaya tambahan.

Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo mengatakan, pihaknya telah meningkatkan cadangan kerugian ataunon-perforrming loan coverage (NPL Coverage). Tercatat sampai dengan kuartal III 2017 NPLcoverage perseroan kini berada di level 198,2%. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya sebesar 156,9% di akhir kuartal III 2016.

“Kami memang menaikkan cadangan untuk berjaga-jaga, penguatan NPL coverage supaya tidak ada kenaikan NPL lebih tinggi dari posisi sekarang,” ujarnya dalam konferensi pers kinerja kuartal III-2017 BRI, di Jakarta, Kamis (26/10).

Haru mengatakan dampak dari penguatan pencadangan ini berimbas pada pertumbuhan laba perseroan. Catatan saja, hingga akhir kuartal III 2017 laba bersih konsolidasi BRI tercatat sebesar Rp 20,5 triliun atau hanya tumbuh 8,2% year on year (yoy).

Jumlah ini lebih rendah ketimbang peningkatannet interest income (NII) yang naik lebih dari 11% dan juga fee based income yang naik 14,79% yoy.

Sementara itu, Direktur Utama BRI Suprajarto menyebut, dengan penambahan pencadangan ini menurutnya sampai akhir tahun BRI tidak akan menambah NPL coverage.

“Kita berusaha untuk prudent, sehingga kami jaga coverage dalam jumlah yang cukup agar tidak khawatir kalau ada kenaikan NPL,” imbuhnya.

Adapun, per September 2017 NPL gross BRI berada di level 2,23% atau naik dari posisi September tahun lalu sebesar 2,22%. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.