Sabtu, 20 Agustus 22

BRI Ingin Maksimalkan Pelayanan Perbankan Digital

BRI Ingin Maksimalkan Pelayanan Perbankan Digital
* BRIsat mempermudah pelayanan usaha perbankan.

Jakarta, Obsessionnews.com – Saat ini BRI sudah mengoperasikan sendiri satelitnya yang diberi nama BRIsat. Yaitu satelit perbankan pertama di dunia milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berbasis digital.

BRIsat resmi diluncurkan ke orbit pada Minggu dini hari pukul 04.39 WIB atau Sabtu (18/6/2016) pukul 17.30 WIB waktu Kourou, French Guyana, Amerika Selatan.

BRIsat dibawa ke orbit menggunakan roket peluncur Ariane 5 dari Bandar Antariksa Guyana di Kourou. Peluncuran tersebut, sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Secara ekonomi berkat peluncuran itu, Bank BRI dapat memberikan layanan terbaik yang mendukung usaha nasabah, menciptakan integrated payment system pada retailers, wholesales, asset tracking and monitoring, serta efisiensi transaksi keuangan, yang pada akhirnya manfaat tersebut dinikmati oleh masyarakat.

Jangkauan BRIsat di seluruh wilayah Indonesia juga memberikan manfaat dalam bentuk nonprofit motive, seperti financial literacy dan free WiFi. Dalam hal ini Bank BRI akan lebih berperan dalam pengembangan inklusi keuangan.

Adapun manfaat bagi negara, BRIsat membantu mengamankan slot orbit 150,5 derajat Bujur Timur. Pemerintah juga mendapat empat transponder untuk mendukung kepentingan komunikasi nasional.

Selain itu, layanan perbankan digital bank pelat merah itu sudah pasti akan lebih optimal dengan beroperasinya BRIsat. BRI juga ingin memaksimalkan pengoperasian satelit BRIsat terutama dalam memaksimalkan pelayanan perbankan digital.

BRI merupakan satu-satunya perbankan yang memiliki satelit. Oleh karena itu, BRI akan membuktikan kinerjanya dengan memaksimalkan pelayanan perbankan digital. Sehubungan dengan hal tersebut, BRI juga meluncurkan layanan perbankan digital di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta mulai Senin (15/8/2016).

BRI akan membuka satu layanan digital banking services. Istilahnyafull digital banking services yang didukung oleh satelit BRI, yaitu BRIsat. Pertama kali di dunia hanya BRI yang punya satelit.

BRI juga membuka cabang digital pertamanya di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Cabang digital nantinya akan diberi nama BRI Digital. Tujuannya, untuk mempermudah nasabah BRI dalam mendapatkan layanan perbankan yang mudah dipahami.

Ada satu perangkat video banking di salah satu sudut ruangan BRI Digital di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Perangkat tersebut dapat digunakan untuk melayani kebutuhan nasabah tanpa harus datang ke kantor cabang. Sekilas perangkat itu mirip seperti mesin ATM berbentuk kotak dengan layar berukuran 7-10 inch.

Melalui perangkat video banking nasabah dapat melakukan seluruh transaksi perbankan secara cepat dan aman. Transaksi perbankan melalui video banking juga akan dibantu oleh seorang customer service yang terhubung secara real time dari Kantor Pusat BRI, Jakarta Pusat.

Selanjutnya, BRI juga akan memperbaiki pelayanan produknya. Penyaluran kredit mikro BRI memiliki porsi terbesar dalam penyaluran kredit. Jadi, setelah BRIsat beroperasi, BRI juga akan mengembangkan layanan kredit mikro.

Nantinya di setiap cabang digital BRI hanya ditempatkan beberapa pegawai saja. Kehadiran pegawai BRI bukan untuk melayani, tetapi untuk memberikan edukasi penggunaan perangkat layanan digital BRI. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.