Selasa, 19 Maret 24

Breaking News
  • No items

BRI Bagikan 5 Tips agar Para Petani Mudah Dapat Akses Pembiayaan

BRI Bagikan 5 Tips agar Para Petani Mudah Dapat Akses Pembiayaan
* Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkomitmen mendorong sektor pertanian untuk terus bertahan dan tumbuh di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). (Foto: BRI)

Jakarta, obsessionnews.com – Sektor pertanian berperanan penting dalam kunci kebangkitan ekonomi nasional. Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Indonesia triwulan II-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 3,31 persen (q-to-q). Dari sisi produksi lpangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 12,93 persen.

Bercermin dari hal tersebut Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkomitmen mendorong sektor pertanian untuk terus bertahan dan tumbuh di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca juga: 

EDC Android BRI Permudah Pelanggan Bertransaksi

Usung Program Transformasi Digital, BRI Optimis Mampu Berperan Penting terhadap Pemulihan Perekonomian

Dikutip obsessionnews com dari keterangan resmi BRI, Jumat (27/8/2021), Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menuturkan, salah satu wujud komitmen BRI yakni dengan terus mendorong penyaluran kredit kepada sektor pertanian, yaitu sebesar Rp117,54 triliun hingga akhir kuartal II 2021. Angka ini tumbuh 12,8 persen year on year apabila dibandingkan dengan pencapaian yang sama periode tahun sebelumnya.

Apabila dibandingkan dengan total penyaluran kredit kepada sektor pertanian secara nasional, BRI memiliki market share sebesar 28,03 persen (posisi Maret 2021) atas total kredit yang dikucurkan oleh perbankan nasional di sektor pertanian.

Badan usaha milik negara (BUMN) ini optimistis masih mampu terus meningkatkan porsi pembiayaan kepada sektor pertanian. Hal tersebut dikarenakan saat ini masih terdapat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), di antaranya petani, yang kesulitan dalam mengakses pembiayaan dari lembaga keuangan.

Catur pun membagikan lima tips agar para petani tersebut mudah untuk mendapat akses pembiayaan.

“Hal yang harus diperhatikan oleh petani yakni menjaga kelangsungan usaha, melengkapi legalitas, menerapkan manajemen tata kelola usaha yang baik, bertransaksi keuangan di bank serta bergabung dalam sebuah ekosistem usaha,” jelasnya.

Salah satu kunci dalam mendorong kemajuan sektor pertanian yakni menciptakan ekosistem bagi sektor pertanian sehingga menjadi sebuah kesatuan yang terintegrasi. Oleh karena itu BRI telah menyiapkan produk dan layanan end to end bagi sektor pertanian. Dari sisi produk yang ditawarkan, BRI memiliki produk simpanan (Giro BRI, BritAma, Simpedes) dan produk pinjaman (KUR BRI dan Pinjaman Komersial). BRI juga memiliki pilihan fasilitas transaksi yang reliable dengan menggunakan channel BRI diantaranya BRImo, Agen BRILink dan ATM BRI.

Pemberdayaan juga dilakukan oleh BRI melalui berbagai program untuk sektor pertanian, di antaranya Klasterku Hidupku, Rumah BUMN dan Link UMKM.

“BRI juga memberikan bantuan kemudahan akses pasar melalui program Pasar.id, BRILianpreneur, PADI UMKM. Dengan adanya kemudahan akses ini tentu akan meningkatkan efisiensi bagi sektor pertanian serta memberikan added value bagi para petani,” terang Catur.

Pembentukan ekosistem usaha yang kuat dan mapan dapat mendorong pengembangan komoditas pertanian yang memiliki nilai jual tinggi di pasar dunia. Dengan begitu, nantinya petani-petani Indonesia selain bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri juga mampu menembus pasar internasional.

“BRI akan terus berkomitmen untuk memberikan dukungan pembiayaan dan pemberdayaan kepada sektor-sektor yang mampu bertahahan di masa pandemi dan kemudian dapat melakukan ekspansi lebih besar,” tutur Catur. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.