Minggu, 9 Agustus 20

Bravo Bawa Chile Melenggang ke Final

Obsessionnews.com – Chile sukses membungkam Cristiano Ronaldo Cs. untuk memastikan diri lolos ke final Piala Konfederasi 2017, Kamis (29/6/2017). Pada laga yang digelar di Kazan Arena itu, Claudio Bravo tampil sebagai protagonist dengan tiga penyelamatan beruntun di babak adu penalti.

Laga sengit langsung tersaji sejak kick-off babak pertama. Jual-beli serangan dipraktikkan para pemain Chile dan Portugal sehingga pertandingan berjalan dengan sangat menarik.

Chile memiliki peluang untuk mengubah keadaan saat Alexis Sanchez mengoyak pertahanan Portugal dengan umpan terukur yang diteruskannya ke Eduardo Vargas di menit ke-6. Sayangnya, percobaan awal Chile ini digagalkan kiper Rui Patricio yang keluar dari sarangnya dengan cepat untuk menguasai keadaan.

Mendapat serangan, Portugal langsung merespon dengan cepat. Ronaldo yang menyisir sayap kiri mengirim umpan untuk memanjakan Andre Silva. Namun pemain anyar AC Milan ini tidak mampu menaklukkan Bravo yang bergerak sigap untuk membuat kondisi laga tetap nirgol.

Pertandingan di babak pertama ditutup dengan skor kacamata. Meski saling melakukan penyerangan, namun kedua tim mulai tampak berhati-hati.

Di paruh kedua, tensi laga antara juara Eropa dan Amerika Selatan makin meninggi. Pada menit ke-53, kans dimiliki Arturo Vidal untuk membuat Chile unggul. Namun sayang, tandukan pemain Bayern Munchen itu masih melenceng dari mistar gawang.

Selang enam menit kemudian giliran Ronaldo yang memiliki kans untuk mengubah keadaan. Kandidat kuat peraih Ballon d’Or itu melakukan kerja sama dengan Andre Gomes untuk menghentak pertahanan lawan. Sayangnya, tembakan bintang Real Madrid itu masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Bravo.

Kondisi nirgol berlangsung hingga 90 menit berlalu. Laga pun harus dilanjutkan dengan extra time untuk menentukan siapa yang berhak melenggang ke partai puncak.

Chile mengawali babak ini dengan melakukan gebrakan melalui Sanchez. Bintang Arsenal yang diburu banyak klub top Eropa ini hampir saja menjadi pahlawan bagi negaranya di menit ke-95. Serangan berawal dari bek sayap, Isla. Eks pemain Juventus ini mengarahkan bola ke kotak penalti yang langsung ditanduk Sanchez. Sayang, upaya Sanchez masih melebar dari mistar gawang.

Peluang emas kembali diciptakan para pemain Chile. Pada menit ke-119, Vidal yang berdiri bebas di depan kotak penalti melakukan shooting keras. Namun tendangan eks Juventus itu membentur tiang gawang.

Pun demikian dengan upaya Rodriguez yang coba melakukan rebound. Bola yang menyentuh kakinya masih membentur mistar gawang, meski Rui Patricio sudah salah langkah.

Hingga extra time usai, kedua tim masih belum mampu mencetak gol. Laga pun harus ditentukan lewat babak adu penalti. Sayangnya, fase ‘tos-tosan’ menjadi mimpi buruk bagi Ronaldo Cs. Jawara Piala Eropa ini memulai laga dengan sangat buruk.

Chile yang mendapatkan kesempatan pertama mempercayakan eksekusi bola kepada Vidal. Pemain eksentrik ini sukses melaksanakan tugasnya. Sementara Ricardo Quaresma yang menjadi algojo pertama bagi Portugal gagal menjalankan tugasnya. Bola yang di arahkan ke sisi kiri berhasil dibaca oleh Bravo.

Aksi cemerlang Bravo berlanjut hingga dua penendang berikutnya. Kiper utama Manchester City ini juga berhasil menggagalkan upaya Joao Moutinho dan Nani sebagai eksekutor kedua dan ketiga bagi Selecao.

Kemenangan Chile atas Portugal ini membuat tim asuhan Juan Antonio Pizzi akan bertemu dengan pemenang antara Jerman dan Meksiko di partai puncak.

 

Susunan pemain:

Portugal (4-4-2): Rui Patricio; Cedric Soares, Bruno Alves, Jose Fonte, Eliseu; Bernardo Silva, Adrien Silva, William Carvalho, Andre Gomes; Andre Silva, Cristiano Ronaldo.

Cadangan: Neto, Joao Moutinho, Nelsinho, Jose Sa, Danilo Pereira, Pizzi, Nani, Gelson, Ricardo Quaresma, Beto

Pelatih: Fernando Santos

 

Chile (4-3-1-2): Claudio Bravo; Jean Beausejour, Gonzalo Jara, Gary Medel, Mauricio Isla; Pablo Hernandez, Marcelo Diaz, Charles Aranguiz; Arturo Vidal; Alexis Sanchez, Eduardo Vargas

Cadangan: Eugenio Mena, Enzo Roco, Gato Silva, Jose Fuenzalida, Angelo Sagal, Cristopher Toselli, Paulo Diaz, Felipe Gutierez, Martin Rodriguez, Leonardo Valencia, Edson Puch, Johnny Herrera

Pelatih: Juan Antonio Pizzi

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.