Jumat, 24 September 21

Brand New Superluxury Cars

Brand New Superluxury Cars
* Alfa Romeo Giulia QV

Di tengah krisis global pabrikan otomotif premium dunia justru berlomba memperkenalkan varian-varian terbaik mereka. Ajang Frankfurt International Motor Show 2015 pada September lalu pun berkilau mobil-mobil paling mewah. Berikut yang terbaik pilihan redaksi Majalah Men’s Obsession:

 Alfa Romeo Giulia QV

Inilah varian teratas terbaik besutan pabrikan mobil sport premium asal Italia, Alfa Romeo. Giulia QV atau Quadrifoglio Verde, merupakan versi high performance dari seri New Giulia yang diperkenalkan awal tahun ini. Mobil ini mengusung mesin V6 2.9 liter twin-turbo yang menyemburkan tenaga hingga 510 Hp.

Dipadu dengan sistem transmisi enam percepatan manual, Giulia QV mampu melesat dari posisi diam ke kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik. Giulia QV didesain untuk performa terbaik, dengan distribusi berat 50/50 secara sempurna, menggunakan suspensi belakang ekslusif Alfalink terbaru, dan dikontrol secara elektronik. Ada tiga opsi pengendaraan, yaitu Dynamic, Natural, Advanced Efficient dan mode Racing.

Aston Martin DB9 GT Bond Edition

Bersamaan dengan penayangan film James Bond terbaru, Spectre, pada November 2015, pabrikan kendaraan premium asal Inggris merilis varian DB9 GT Bond Edition. Agen rahasia 007 memang sudah langganan menggunakan Aston Martin sejak awal seri film James Bond.

Aston Martin DB9 GT Bond Edition
Aston Martin DB9 GT Bond.

DB9 GT Bond Edition sekaligus merayakan setengah abad hubungan Aston Martin dengan film franchise itu. Meski begitu, dalam film Spectre nanti, agen 007 tidak menggunakan DB9, melainkan DB10 yang hanya dibuat 10 unit untuk keperluan film James Bond.

DB9 GT Bond Edition sendiri hanya dibuat sebanyak 150 uniut untuk seluruh dunia, dengan banderol sekitar Rp3,56 miliar, lebih mahal Rp540 juta dari DB9 GT versi biasa. Untuk pasar Indonesia, Gerai Aston Martin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, yang baru dibuka, mematok banderol DB9 versi standar senilaiu Rp 6,82 miliar.

DB9 GT edisi khusus mengusung mesin V12 6.0 liter yang mampu menyemburkan tenaga hingga 540bhp. Mereka yang beruntung bisa memiliki mobil ini akan mendapat tas kulit Globe-Trotter yang berisikan jam tangan Omega Seamaster Aqua Terra 150m edisi khusus dengan tali Aston Martin.

Selain DB9 GT Bond Adition dan DB10, Aston Martin beberapa bulan lalu juga memperkenalkan Aston Martin Vulcan seharga £1.5 juta atau sekitar RP3,2 miliar, dengan mengusung mesin V12 7 liter.

Audi S8 Plus

Baru beberapa bulan yang lalu mengguncang dunia otomotif global dengan peluncuran mobil sport Audi R8 generasi kedua bermesin dahsyat V10, produsen otomotif premium asal Jerman ini kembali memperkenalkan varian terbaru S8 Plus.

Audi S8 Plus
Audi S8 Plus

The All New Audi S8 Plus masih mengusung mesin V8 twin-turbo 4-litre, akan tetapi tenaganya ditingkatkan dan torsinya pun digenjot dari sebelumnya 516 bhp dan 479 lb-ft menjadi 597 bhp dan 553 lb-ft.

Dengan tenaga dan torsi sebesar itu, Audi S8 kini menyaingi Ferrari 458 Speciale bahkan mampu bersaing dengan Nissan GT-R. Akselerasinya mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam, hanya dalam tempo 3,8 detik. Tak sampai di situ, bagi penyuka kecepatan, ada opsi mengganti top speed standar 250 km/jam dengan top speed 300 km/jam lebih.

Audi S8 Plus akan dipasarkan lebih dulu dio negeri asalnya, Jerman, akhir tahun ini dengan banderol USD158,000 atau sekitar Rp2,3 milyar. Harga ini lebih kurang sama dengan Audi R8 versi mesin V10 dengan 540 PS, namun lebih murah dari Audi R8 versi mesin V10 610 PS senilai Rp2,7 milyar.

Audi R8 generasi kedua sendiri mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dengan waktu hanya 3,2 detik. Seperti S8 Plus, R8 juga baru bisa sampai ke tangan konsumen pada akhir tahun ini, meski sudah bisa dipesan sejak bulan Mei lalu.

Bentley Bentayga

Inilah Sport Utility Vehicle (SUV) termewah, tercepat, dan termahal di dunia saat ini, dengan banderol USD229,100 atau sekitar Rp3,3 milyar. Diperkenalkan di ajang Frankfurt Motor Show bulan lalu, Bentayga diklaim sebagai SUV tercepat dengan top speed 301 km/jam, mengalahkan sedan sport Porsche Cayenne Turbo S sekitar 16 km/jam. Dalam hal harga, Bentayga juga melampaui Cayenne sekitar Rp980 juta.

Bentley Bentayga Hybrid SUV
Bentley Bentayga

Agar mampu sesumbar sebagai SUV tercepat dan paling bertenaga, Bentayga dibekali mesin twin-turbo W12 6.0 liter bertenaga 600 daya kuda dan torsi 663 lb-ft. Dengan mesin sebesar itu, Bentayga mampu melesat dari 0-60 km/jam hanya dalam tempo empat detik. Mesin 12-silinder itu juga terhubung dengan sistem penggerak all-wheel drive delapan percepatan otomatis.

Dalam hal eksklusivitas dan kemewahan, SUV pertama dari Bentley ini dipastikan masing-masing dikerjakan dengan tangan di Crewe, Inggris. Khusus untuk jok mewahnya, dibuat dari kulit sapi yang khusus diternakkan di pegunungan Alpen, Swiss. Di dashboard, terdapat jam mewah berlapis delapan butir berlian. Kabin juga dilengkapi kulkas kecil, lemari kayu, kotak cerutu anti lembab.

Agar semakin eksklusif, pembeli diberi opsi personalisasi dengan pilihan lebih dari 90 warna bodi, 15 warna kulit jok, 15 warna karpet, hingga pilihan roda alloy yang bervariasi dari 20 hingga 22 inci. Masih dalam hal personalisasi, SUV ini dilengkapi fitur electronic height adjustment, yang memungkinkan pemilik menyesuaikan tinggi kendaraan agar mudah memasukkan barang berat.

Sekadar info, stok produksi tahun pertama Bentley Bentayga sudah terjual habis. Bentley mengonfirmasi telah menerima lebih dari 3.500 pre-order. Ratu Elizabeth II menjadi salah satu pemilik pertama. Bagi Anda di Tanah Air, harga mobil asal Inggris ini nyaris dua kali lipat dari harga di negerinya, yaitu dibanderol seharga Rp5,15 miliar.

BMW 7 Series

Inilah seri tertinggi dari BMW, dan varian terbaru dan terbaiknya dipajang di Frankfurt. Generasi flagship BMW muncul di hadapan pers internasional pada 10 Juni lalu, dengan codename G11. Bagi pecinta kemewahan, Seri 7 layaknya kapal pesiar nan mewah.

bmw-7-series-sdfer-018
BMW 7 Series.

Dalam hal fitur, inilah BMW tercanggih yang pernah dibuat. BMW mengklaim Seri 7 adalah masa depan dari kemewahan. Sebut saja, teknologi Laser Light yang mampu membantu pencahayaan malam hari hingga 600 meter (dua kali lipat jangkauan mormal rata-rata kendaraan), sekaligus meminimalisir konsumsi listrik.

Ada pula Remote Control Parking, yang memungkinkan pemilik memarkir kendaraan dari BMW Display Key, semacam LCD touchscreen berukuran kecil. Melalui teknologi iDrive 5.0, Seri 7 dapat diperintah melalui gerakan tangan di depan layar di dashboard atau melalui perintah suara. Tak ketinggalan wireless charging phone untujk mengisi baterai smartphone tanpa kabel.

Untuk bos di kabin belakang, bisa relaks dengan tablet 7 inchi multifungsi yang bisa mengatur berbagai fungsi dan tombol di kabin mobil. Ada ambient air yang menawarkan berbagai wangi harum di dalam kabin, sekaligus iluminasi dalam kabin.

BMW akan mengeluarkan Seri 7 secara bertahap. Pertama 750i xDrive bermesin V8 4.4 liter turbocharged 445 hp dan 740i bermesin inline-6 3.0 liter turbocharged 320 hp. Ada pula serti 730d bermesin inline-6 3.0 diesel bertenaga 265 hp. Di awal 2016, BMW akan merilis BMW 740e xDrive dengan sistem plug in hybrid bermesin inline-4 2.0 liter turbocharged dikawinkan dengan motor elektrik.

BMW seri 7 terbaru dibanderol mulai USD81,300 atau sekira Rp1,1 miliar. Itu baru harga harga dasar, belum termasuk fitur-fitur mewah di interior dan tentu saja belum termasuk pajak di Tanah Air. Generasi terbaru BMW Seri-7 direncanakan dijual di Indonesia awal Oktober 2015 dengan taksiran harga Rp2,6 miliar.

Ferrari 488 Spider

Menyusul peluncuran Ferrari 488 GTB di London pada 24 April lalu, Ferrari memperkenalkan varian convertible Ferrari 488 Spider. Masih mengusung mid-engine V8 twin turbocharged, supercar Italia ini menyemburkan tenbaga 660 hp dan torsi 560 lb-ft.

Ferrari 488 Spider.
Ferrari 488 Spider.

Saat dipacu, Ferrari model terbaru ini bisa mencapai kecepatan 62 mil/jam dalam waktu tiga detik dan 124 mil/jam hanya dalam 8,7 detik. Ferrari mengklaim, 488 Spider adalah Ferrari dengan desain aerodinamis paling efisien yang pernah dibuat. Ini dimungkinkan melalui sejumlah alat baru, termasuk blown spoiler dan bagian bawah bodi yang menyertakan generator vortex.

Kembali digunakannya mesin turbocharger sempat membuat heran beberapa pecinta mobil buatan Italia ini. Selain California T, mobil Ferrari lain yang pernah memakai turbocharger adalah F40. Alasan Ferrari, demi mengejar efisiensi bahan bakar. Tren ini memang sedang banyak dipilih oleh para pabrikan otomotif, di mana mereka bisa membuat mesin dengan kapasitas yang lebih kecil, tanpa harus kehilangan performa.

Hadir di Frankfurt, 488 Spider dibanderol seharga USD275,000 atau senilai Rp3,9 miliar. Apakah akan segera masuk di Indonesia sebagaimana 488 GTB, belum ada konfirmasi resmi, termasuk harga untuk pasar Tanah Air.

Jaguar F-Pace

Setelah menghentak dengan peluncuran all-new Jaguar XF 2016 pada MAret lalu, Jaguar kembali memperkenalkan mobil baru mereka, All New Jaguar F-Pace. Sebagaimana Bentley, inilah SUV pertama bikinan produsen sedan dan sport mewah asal Inggris yang kini dimiliki oleh Tata Motors asal India.

Jaguar F-Pace
Jaguar F-Pace

Jaguar F Pace juga diperkenalkan di lantai pameran Frankfurt Motor Show 2015, dan akan sampai ke tangan konsumen paling lambat April 2016. Banderolnya diperkirakan sekitar £34,170 atau sekitar Rp737 juta. Kendaraan SUV buatan Jaguar memang terkesan agak aneh, mengingat sister brand-nya, Land Rover, serlama ini dikenal sebagai pabrikan SUV.

Dibangun dengan Lightweight Alumunium Architecture milik Jaguar, dan ditawarkan dengan varian mesin bensin dan diesel, Jaguar F Pace menggunakan platform serupa sedan XE dan XF, namun dengan panjang 4.731 mm dan wheelbase 2.874 mm, serta ruang bagasi berkapasitas 650 liter.

SUV berpenumpang lima orang ini dipenuhi berlimpah sistem infotainment canggih melalui layar sentuh 10,2 inci yang didukung prosesor quad core dan solid state drive. Penumpang juga bisa menikmati internet di mobil dengan Wi-Fi hotspot, sementara navigasi GPS bisa ditampilkan di panel instrumen dengan tampilan 3D. F-Pace kompatibel dengan Apple Watch sehingga beberapa fitur bisa dikendalikan dari jam tangan buatan Apple itu.

F-Pace didukung mesin V6 3.0L supercharged bertenaga 375 hp dengan transmisi otomatis, membuatnya mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam 5,1 detik. F-Pace menjadi yang pertama memakai Intelligent Driveline Dynamics (IDD) di sistem penggeraknya, demi menjaga kelincahan dan handling roda belakang, dan secara mulus mentransfer torsi ke roda depan untuk traksi ekstra di semua kondisi jalan.

Tersedia tiga varian mesin lain, yaitu 2.0L diesel manual RWD/AWD bertenaga 177 hp, 2.0L bensin RWD dengan 237 hp dan 3.0L diesel AWD 296 hp. Untuk itu, tersedia beberapa pilihan tipe, mulai dari tipe Pure, Prestige, Portfolio, R-Sport, tipe S, dan tipe First Edition yang merupakan edisi terbatas pasca peluncuran.

Lamborghini Huracan LP 610-4 Spyder

Rupanya bukan cuma Ferrari yang memperkenalkan supercar dengan atap yang bisa dibuka tutup di Frankfurt. Pabrikan supercar Italia lainnya, Lamborghini, juga memperkenalkan versi serupa di ajang Frankfurt Motor Show 2015, Huracan LP 610-4 Spyder. Huracan versi ini sekaligus melengkapi tipe Coupe yang sudah diluncurkan pada akhir 2013 lalu.

Jaguar F-Pace.
Jaguar F-Pace.

Sesuai namanya, 610-S, Huracan Spyder berbekal mid-engine V10 5.2-liter yang menghasilkan tenaga 610 Hp dan torsi 560 Nm. Model ini tetap menggunakan sistem all-wheel drive dan transmisi tujuh percepatan, kopling ganda.

Dari posisi diam, Huracan versi atap terbuka ini mampu melesat hingga 100 km/jam dalam waktu 3,4 detik sebelum mencapai kecepatan maksimal 325 km/jam. Kemampuan ini sama seperti Huracan Coupe yang lebih awal diluncurkan. Atapnya sendiri bisa terbuka dalam waktu 17 detik. Harga dipatok dengan banderol mulai USD211,000 atasu sekitar Rp3 milyar.

Mercedes-Benz S-Class Cabriolet

Inilah salah satu mobil mewah terindah yang paling banyak memikat perhatian di ajang Frankfurt Motor Show 2015. Pabrikan premium asal Jerman ini meluncurkan varian atap buka-tutup alias cabriolet Mercedes-Benz S-Class generasi anyar.

2016-Mercedes-Benz-S-Class-Cabriolet-1
Mercedes-Benz S-Class Cabriolet.

Mercedes mengklaim varian ini berbobot ringan hampir menyamai varian coupe. Pasalnya, bodi dan beberapa bagian terbuat dari campuran bahan alumunium dan magnesium. Mobil ini dibekali mesin 5.500 cc V8 Biturbo bertenaga 585 hp dan torsi 664 lb-ft. Cabriolet ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam tempo 3,9 detik. Atapnya bisa dibuka dalam waktu 20 detik ketika mobil melaju pada kecepatan 60 km/jam.

Rear-wheel drive akan menjadi standar, tetapi Mercedes-Benz juga menawarkan beberapa mesin dengan konfigurasi 4MATIC all-wheel drive. Fitur canggih yang dibenamkan, antara lain, sistem intelligent climate-control terbaru yang menggunakan sejumlah sensor yang otomatis menyesuaikan suhu, aliran udara, dan distribusi udara demi kenyamanan maksimal. Dengan kehadiran Cabriolet, maka keluarga S-Class kini lengkap sejak diperkenalkan dua tahun silam.

Selain S-Class Cabriolet, Mercedes-Benz juga memperkenalkan generasi kedua Mercedes-Benz C-Class Coupe dan dipasarkan akhir tahun ini. C-Class Coupe adalah versi dua pintu dari varian C-Class Saloon. Tampilan depan mirip C-Class Saloon namun di belakang meniru S-Class Coupe terbaru. Model terbaru ini lebih panjang 9,5 cm dan lebih lebar 4 cm dari pendahulunya sehingga kabin terasa lebih lega.

Rolls-Royce Dawn

Nama brand saja sudah mewakili aura kemewahan, apalagi jika produsen mobil premium asla Inggris itu memproduksi varian termewah dan terseksi dari yang pernah dibuat. Inilah Rolls-Royce Dawn, yang diluncurkan secara global pada 8 September 2015. Peluncuran dilakukan secara online dan diikuti oleh jurnalis di seluruh dunia.

Rolls-Royce Dawn.
Rolls-Royce Dawn.

Dalam sambutannya, CEO Rolls-Royce Motor, Cars Torsten Mueller Oetvoes, memastikan bahwa RR Dawn adalah sebuah karya superluxury yang memulai babak baru kendaraan convertible atau drophead.

“Dawn adalah kendaraan baru yang sangat indah dan menawarkan pengalaman berkendara atap terbuka terbaik di dunia. Singkatnya, ini adalah Rolls-Royce terseksi yang pernah dibuat,” ungkap Torsten.

Kata “Dawn” terinspirasi dari fajar yang mengawali hari, sementara pepatah dari pendiri Rolls-Royce, Sir Henry Royce, menjadi filosofi penciptaan RR Dawn. Pepatah itu berbunyi, “Capailah kesempurnaan dalam segala hal yang kamu lakukan. Ambil yang terbaik dan terus perbaiki. Ketika yang terbaik tidak ada, buatlah. Jangan pernah menerima kata hampir atau cukup.”

Maka lahirlah RR Dawn, satu-satunya kendaraan supermewah atap terbuka dengan konfigurasi empat penumpang.Ide desainnya juga terinspirasi dari RR Silver Dawn drophead produksi 1952. Saat itu adalah awal baru bagi Rolls-Royce dalam menawarkan produk lengkap dengan bodi yang sudah terpasang. Sebelumnya, Rolls-Royce hanya menawarkan produk dalam bentuk sasis dan mesin.

Pengembangan atap RR Dawn melibatkan kemampuan teknik dan manufaktur khusus. Inilah kendaraan atap terbuka pertama yang menghadirkan tingkat keheningan layaknya model RR Wraith. Atap dapat dibuka saat kendaraan melaju 50 kilometer per jam dalam waktu hanya 22 detik.

Jantung pacunya mengandalkan mesin V12 twin-turbo 6.600 cc yang sanggup menyemburkan tenaga 563 HP pada 5.250 rpm, dengan torsi maksimum 780 nm pada putaran mesin 1.500 rpm. Mesin disandingkan dengan sistem transmisi satellite aided transmission delapan percepatan otomatis.

Salah satu yang istimewa adalah penggunaan ban runflat 20 inci, yang memungkinkan Dawn tetap melaju dalam keadaan kempis sejauh 160 kilometer dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam sebelum membutuhkan penggantian. Penggunaan teknologi ini tak lagi membutuhkan roda cadangan dan dongkrak sehingga bagasi lebih lega.

Setelah perkenalan online, ajang Frankfurt Motor Show 2015 menjadi panggung mejeng pertama RR Dawn di depan publik. Untuk diketahui, RR Dawn juga akan masuk di Indonesia pada 2016. Hanya, tak disebut berapa banderolnya di sini. Yang terang, di Inggris, mobil ini dihargai sekitar USD335,000 atau setara Rp4,7 miliar.

Tesla Model X

Setelah hampir dua tahun tanpa kejelasan, unit produksi Tesla Model X akhirnya benar-benar diluncurkan pada awal Oktober 2015. Ini adalah sepenuhnya mobil SUV bertenaga listrik yang diklaim mampu menjelajah sejauh 414 km dengan sekali isi ulang tenaga baterai, lebih bagus dari mobil listrik pendahulunya Tesla Model S.

Tesla Model X
Tesla Model X

Model X diperkenalkan langsung oleh CEO Tesla, Elon Musk. Ia mengklaim Model X adalah SUV paling aman yang pernah dibuat. Bahkan dalam sebuah pengujian, lembaga penguji di Amerika Serikat memberikan bintang lima. Termasuk pengujian di Eropa, Euro NCAP.

Kunci penting dari keamanannya mesin listrik yang diposisikan di bagian bawah. Dengan tidak menyediakan blok mesin kompres ke dalam kompartemen penumpang, memberikan lebih banyak ruang pelindung bagi penumpang.

 

Tesla Model X mengusung konsep pintu belakang yang berbeda, yaitu dibuka ke atas, bukan dari dalam ke luar. Pintu di mobil ini juga disematkan fitur canggih yang dapat memprediksi sudut mana dari penumpang untuk masuk ke dalam mobil, sehingga tak perlu lagi memegang pegangan pintu karena posisinya sudah disesuaikan dari tempat penumpang berdiri.

Salah satu fitur baru yang ditawarkan dan tidak dimiliki Model S adalah sistem penyaringan udara di dalam kabin. Model X menggunakan “Bioweapon Defense Mode” yang membuat udara di kabin sebersih udara di ruang isolasi rumah sakit.

Dengan sumber energi dari baterai berkekuatan 90 kWh, Tesla Model X memiliki tenaga 10% lebih besar dari Tesla Model S. Tesla Model X diklaim dapat melaju hingga 100 km/jam dari posisi diam dalam waktu 3,2 detik. Lebih cepat dari Porsche Cayenne Turbo yang berakselerasi dalam waktu 4,1 detik. Tesla menawarkan dua varian, yaitu P90D Signature seharga USD132,000 (Rp1,8 milyar), dan P90D Founder Edition seharga USD142,000 (Rp2 miliar). (Andi Nursaiful/berbagai sumber. Foto: Istimewa)

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.