Sabtu, 24 Oktober 20

BPS Mencatat Petani Makin Sejahtera

BPS Mencatat Petani Makin Sejahtera
* Petani Indonesia makin sejahtera.

Jakarta, Obsessionnews – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS)‎ Suryamin mencatat adanya peningkatan kesejahteraan petani. Hal ini antara lain tercermin dari nilai tukar petani‎ (NTP) yang naik 0,32 persen dibandingkan NTP bulan sebelumnya.

Kenaikan NTP ini didorong indeks harga yang diterima petani naik 0,42 persen lebih besar dibandingkan tahun lalu sebesar 0,10 persen.

Menurut Suryamin, harga gabah di tingkat petani naik sebesar 4,17 persen menjadi Rp4.400 per Kg. Sementara di tingkat penggilingan mencapai Rp4.527 per Kg atau naik 4.23 persen.

“‎Peningkatan tersebut berdampak pada kesejahteraan petani. Harga gabah yang mereka jual kan naik,” kata Suryamin di kantor pusat BPS, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Sementara itu harga gabah kering giling pada tingkat petani tercatat baik sebesar 0,65 persen menjadi Rp5.510 per Kg. Di tingkat penggilingan, harga gabah kering giling naik 0,14 persen menjadi Rp5.600 per Kg.

Di bulan Mei, harga beras kualitas premium di tingkat penggilingan rata-rata naik 0,59 persen menjadi Rp9.182 per Kg. Sementara beras kualitas medium rata-rata turun 1,38 persen menjadi Rp8,836 per Kg.

Adapun harga beras kualitas rendang di tingkat penggilingan rata-rata turun 0,26 persen menjadi Rp8.488 per Kg.

Adanya peningkatan harga gabah di tingkat petani itu, imbuh Suryamin, kemungkinan besar akan ada peningkatan beras pada bulan Juni. Apalagi kebutuhan di bulan Ramadhan pada umumnya ikut meningkat.

Oleh karenanya pemerintah harus bisa mengantisipasi agar harga beras tidak melonjak drastis pada bulan Juni dan Juli atau pada Idul Fitri. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.