Jumat, 22 Oktober 21

BPS: Ekonomi Indonesia Cuma Tumbuh 5,02%

BPS: Ekonomi Indonesia Cuma Tumbuh 5,02%

Jakarta, Obsessionnews – Target pertumbuhan ekonomi, yang ditetapkan pemerintah 7%, ternyata triwulan IV tahun lalu hanya terwujud 5,02%.

Demikian data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) di Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Dalam catatannya, lembaga tersebut menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2014 ekonomi Indonesia hanya tumbuh sebesar 5,02 persen. Jumlah tersebut menunjukkan adanya perlambatan jika dibanding dengan tahun 2013 yang sempat tumbuh sebesar 5,58 persen.

Menurut Kepala BPS Suryamin, angka perlambatan pertumbuhan tersebut terjadi karena adanya perubahan tahun dasar penghitungan dari SNA2000 menjadi SNA2008 sesuai rekomendasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Akibat perubahan, muncul beberapa perubahan baik dari segi metodologi maupun penambahan – penambahan sektor baru yang diharapkan mampu menunjukkan kondisi sebenarnya. “Dengan perubahan ini, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia mendekati kondisi ekonomi sebenarnya,” ujar dia.

Lebih lanjut disebutkan, sepanjang tahun lalu sebenarnya tetap terjadi pertumbuhan di hampir seluruh lapangan usaha. Namun yang terbesar adalah di sektor informasi dan komunikasi dengan angka pertumbuhan sebesar 10,2 persen. Kemudian diikuti oleh jasa perusahaan sebesar 9,81 persen dan jasa lainnya sebesar 8,92 persen.

Sedangkan struktur perekonomian Indonesia menurut lapangan usaha tahun 2014 didominasi oleh tiga lapangan usaha utama yaitu Industri pengolahan sebesar 21,02 persen diikuti oleh pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 13,38 persen.

Secara spesifik disebutkan juga angka pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dimana pencapaian tertinggi terjadi di Provinsi Sulawesi Barat sebesar 8,73 persen. Diikuti oleh Provinsi Jambi sebesar 7,93 persen dan Provinsi Sulawesi Selatan 7,57 persen.

Selain itu ada juga beberapa Provinsi yang memiliki angka pertumbuhan dibawah pertumbuhan ekonomi Indonesia seperti Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Papua, Riau, Kalimantan Timur dan Aceh.

Namun secara keseluruhan struktur perekonomian Indonesia sepanjang tahun 2014 masih didominasi oleh Pulau Jawa sebesar 57,39 persen, diikuti Pulau Sumatra sebesar 23,16 persen dan pulau – pulau lainnya yang presentasenya kurang dari 10 persen (Kukuh)

Related posts