Sabtu, 28 Januari 23

BPOM Klaim Jalankan Operasi Produk Ilegal Lewat Internet

BPOM Klaim Jalankan Operasi Produk Ilegal Lewat Internet
* UJI PETIK - Tim uji petik temukan life jacket pada satu tempat, tidak berada dekat dengan posisi penumpang KM Kirana XI. Bahkan, lampu pada alat keselamatan penumpang tersebut tidak berfungsi. (Obsessionnews.com/Ari Armadianto)

Jakarta, Obsessionnews – Sejak tahun 2011, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) mengklaim aktif menjalankan operasi dalam memberantas penjualan produk ilegal termasuk palsu yang dipasarkan secara online.

Tahun 2015 ini, seperti yang diklaim Kepala Badan POM Roy Sparingga, operasi berhasil mengidentifikasi 216 situs internet yang memasarkan obat, suplemen, dan kosmetik ilegal termasuk palsu. Selain itu, 26 situs juga diduga sebagai penjual obat penggugur kandungan dan 51 lainnya sebagai pemasar alat kesehatan ilegal.

Menurut Roy, operasi yang berhasil menyita 3 juta lebih kemasan produk ilegal dengan nilai Rp 27 milyar, selanjutnya bakal dilakukan tindakan pro-justisia.

Ada 24 Balai Besar/ Balai POM yang mendapat temuan antara lain BBPOM Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Jambi, Pangkal Pinang, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Mataram, Kupang, Pontianak, Palangka Raya, Samarinda, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo serta Ambon. Sementara delapan lainnya yakni BBPOM Bengkulu, Lampung, Serang, Banjarmasin, Manado, Sofifi, Manokwari dan Jayapura, tidak mendapat temuan. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.