Rabu, 1 Februari 23

BPOM Akan Razia Produk Palsu

BPOM Akan Razia Produk Palsu

Jakarta, Obsessionnews – Maraknya peredaran obat palsu, produk makanan, kosmetik dan alat kesehatan ilegal, dianggap sudah meresahkan. Namun, seperti apa batasan palsu tersebut ?

Menurut Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Roy Sparingga, palsunya suatu produk jika meniru barang yang sudah ada dan mencatut merk dagang terkenal.

Selain itu, lanjut Roy, kandungan dalam produk obat, makanan atau kosmetik tidak jelas hingga dinilai berbahaya jika dikonsumsi. Namun, tetap saja permintaan tinggi lantaran konsumen memilih produk murah.

“Permintaan, selama masih ada suplay jalan terus. Maka cara penanganan tidak bisa biasa saja,” kata Roy menanggapi pertanyaan obsessionnews.com.

Roy menegaskan, rantai pasokan barang palsu dan ilegal tersebut kudu putus kemudian mengedukasi masyarakat agar tidak mengkonsumsi produk-produk berbahaya tersebut.

“Ancaman 15 tahun penjara terhadap pengedar produk ilegal,” kata Roy.

Terkait alat kesehatan yang dianggap palsu, Roy mengatakan  60 % hasil tangkapan merupakan barang impor yang masuk Indonesia secara ilegal. Namun sayang, saat ditanya dari negara mana asalnya Roy enggan menjawab. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.