Selasa, 1 Desember 20

BPN: Pengadaan Tanah Proyek Kereta Api Makassar – Parepare Capai 70 Persen

BPN: Pengadaan Tanah Proyek Kereta Api Makassar – Parepare Capai 70 Persen
* Sejumlah Pejabat Kementerian ATR/ BPN saat melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan (Foto : Humas)

Makassar, Obsessionnews.com– Rencana pemerintah untuk membangun jalur kereta api Makassar – Parepare menunjukkan progres yang positif. Hal itu dapat diketahui dari progres pembebesan tanah yang nantinya akan digunakan sebagai jalur kereta api. Hingga kini proses pengadaan tanah untuk proyek yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) ini telah mencapai 70 persen.

Wakil Menteri ATR/ Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra, mengapresiasi kinerja pemerintah daerah dan juga semua pihak yang terkait sehingga proyek ini akan semakin mendekati kenyataan. Menurutnya apabila proyek ini berjalan dengan baik maka menjadi catatan sejarah tersendiri karena pemerintah mampu membangun jalur kereta api beserta sarana prasarana pendukungnya mulai dari nol.

“Kami menghormati capaian luar biasa bagi cita-cita Kabupaten Barru. Ini merupakan capaian besar untuk bangsa Indonesia karena pertama kali kita membangun dari nol jalur kereta dan keretanya sekalian seluruh infrastrukturnya yang dibutuhkan dan ini kolaborasi banyak pihak,” ujar Surya Tjandra saat meninjau tempat pengadaan tanah untuk jalur kereta api beberapa waktu lalu.

Dia mengungkapkan juga bahwa daerah di sekitar rel kereta ini bisa dijadikan untuk proses Reforma Agraria dalam hal pemberdayaan masyarakat. Dengan begitu diharapkan kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat melalui program ini. Dia berpesan agar dalam hal pembebesan tanah dapat dilakukan secara adil dan transparan.

“Nantinya masyarakat perlu dilibatkan untuk berdiskusi juga bagaimana pemberdayaan masyarakat sekitarnya nanti supaya mereka menjadi pengawal sosialnya yang harus membantu menjaga wilayah di sekitar rel ini agar bermanfaat,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Balai Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Jumardi menyampaikan rencananya pada April 2021 nanti bahwa kereta api tersebut akan mulai dioperasikan. “Seperti yang kita lihat, untuk Kabupaten Barru sudah rampung semua. Jadi kita melanjutkan pembangunan rel yang akan lanjut menghubungkan ke Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Maros,” tutupnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.