Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

BPN Jakarta Selatan Buka Layanan Pertanahan Sehari Jadi, Warga Antusias

BPN Jakarta Selatan Buka Layanan Pertanahan Sehari Jadi, Warga Antusias
* BPN Jakarta Selatan Buka Layana Ekpres Sehari (Leksi) dalam pengurusan pertanahan. (Foto: dok obsessionnews)

Obsessionnews.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) meluncurkan loket prioritas Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan (PELATARAN). Loket prioritas ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Loket ini merupakan loket yang dikhususkan untuk pemilik tanah yang mengajukan pelayanan pertahanan secara langsung tanpa melalui kuasa.

Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Jakarta Selatan telah membuka layana Pelataran atau layanan pertanahan hari Sabtu dan Minggu.

Di BPN Jaksel sendiri sebutan nama programnya Lexi (Layanan Ekpres Sehari) melayani pada hari Senin-Sabtu. Sejak dibuka pada bulan April lalu, program ini mulai ramai diminati warga.

“Dapat dibuktikan hari Sabtu saja angka yang datang bisa 15 sampai 20 bahkan lebih. Untuk hari libur itu luar biasa,” kata Kepala Kantah Kota Jakarta Selatan, Sigit Santosa kepada wartawan, Kamis (8/9/2022).

Sigit menerangkan, Program Layanan Ekpres Sehari (Lexi) mulanya dibuka pada hari Sabtu pukul 09.00-15.00 sore. Namun, karena banyaknya peminat saat ini layanan Leksi dibuka pada hari Senin sampai Sabtu.

Program Layanan Ekpres Sehari (Lexi) memiliki 8 layanan yang diberikan kepada masyarakat yaitu, Peningkatan hak dibawah 600 meter, Roya, Pengecekan Sertifkat, SKPT, Penghapusan BPHTB, Informasi ZNT, Cekplot dan Validasi Surat Ukur dan Buku Tanah.

Sigit mengungkapkan, Program Lexi sudah dilakukan sebelum dicanangkan oleh Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto. “Program Leksi ini kita jalan mulai bulan April. Jadi, sebelum Bapak Menteri ATR/BPN Launching kita sudah menjalankan layanan pertanahan akhir pekan”, ucapnya.

“Masyarakat pemilik tanah bisa langsung datang ke kantor pertanahan. Kita akan melayani mereka, tidak perlu pulang sehari itu langsung jadi,” Himbau Sigit.

Sigit menyebut, program tersebut banyak diminati masyarakat dan tercatat terbanyak di BPN se-Jakarta.

“Oleh karena itu, masyarakat yang memohon untuk pembuatan sertifikat secara langsung sekitar 15 hingga 20 orang. Dan itu berdasarkan data terbesar di DKI Jakarta. Kalau hari Senin – Jumat itu sekitar 10 orang,” pungkas dia.

Sebagai informasi, Pelataran adalah program pelayanan pertanahan yang dibuka pada Sabtu dan Minggu, tujuannya yakni untuk memudahkan masyarakat yang tidak dapat mengurus tanah karena sibuk bekerja. Program tersebut merupakan gagasan dari Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.