Minggu, 5 Desember 21

BPN Gratiskan Pengurusan Sertifikat Tanah Wakaf

BPN Gratiskan Pengurusan Sertifikat Tanah Wakaf
* Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursyidan Baldan.

Bandung, Obsessionnews.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Wilayah Jawa Barat tidak memungut bayaran sepeser pun atau menggratiskan pengurusan tanah wakaf sepanjang Ramadhan. Buktinya, sebanyak 137 bidang tanah wakaf telah dibuatkan sertifikatnya secara cepat dan dibagikan serempak.

“Kanwil (Jabar) mempercepat dan me-nol-rupiahkan pengurusan (sertifikat) tanah wakaf. Tanah wakaf ini menjadi tanggung jawab sosial Kementerian. Bagaimana negara menghadirkan ketentraman pengurusan tanah wakaf yang digunakan untuk tempat sosial,” kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursyidan Baldan di Bandung, Minggu malam (26/6/2016).

Pada kesempatan tersebut, Ferry menyerahkan 137 sertifikat tanah wakaf di Bandung. Karena tanah wakaf, 137 bidang tanah tersebut difungsikan kegiatan sosial seperti sekolah dan rumah ibadah.

“(Kalau ada) masjid kecil di satu desa, akan diberikan itu (sertifikat gratis),” ungkapnya.

Menurut Ferry, pihaknya akan terus memberikan kemudahan bagi warga yang hendak melakukan pengurusan sertifikat tanah, terutama tanah wakaf, tidak boleh ada hambatan sedikitpun.

bahkan, kalau ada pegawai BPN yang menghambat, Ferry meminta warga untuk melaporkannya. Pihaknya akan segera menindak pegawai yang mempersulit pengurusan pertanahan di BPN.

“Belum dapat hidayah berarti orang itu. saya akan infus agar dimudahkan dapat hidayah. Sudah dapat gaji, tunjangan kerja, masa malas,” tuturnya.

Sementara itu dikabarkan pula jika saat ini kantor BPN di Bandung Raya sudah terintegrasi. Bagi warga yang tinggal di daerah Dago, Cimenyan, tidak perlu ke Jalan Soekarno Hatta untuk menguruskan tanahnya. Mereka bisa datang ke kantor BPN terdekat.

Ferry menambahkan, saat ini BPN mengeluarkan inovasi berupa home delivery service. Melalui pelayanan tersebut, masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik tidak perlu bingung dalam pengurusan tanah. BPN akan menjemput pengambilan berkas dan mengembalikannya kembali. (Fath )

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.