Kamis, 25 April 24

BPN Dukung Pelaksanaan Program GTRA di Tanah Papua

BPN Dukung Pelaksanaan Program GTRA di Tanah Papua
* Wamen ATR/Waka BPN, Surya Tjandra saat mengkoordinasikan Pelaksanaan GTRA (Foto : Humas)

Jayapura, Obsessionnews.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) mendukung upaya pemerintah daerah (Pemda) Provinsi Papua dalam pelaksanaan program kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA). Program ini memiliki tujuan yang mulia yaitu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Menteri (Wamen ATR/ Waka BPN), Surya Tjandra juga mendukung program Gugus Tugas Masyarakat Adat (GTMA). Menurutnya GTMA merupakan inisiatif yang istimewa, karena mempermudah dalam melakukan koordinasi dan konsolidasi dari berbagai cita-cita masyarakat adat agar bisa dilindungi haknya.

Lebih lanjut, Surya Tjandra mengatakan bahwa untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada masayarakat adat umumnya, membutuhkan pendekatan kreatif dengan lintas sektor yang terlibat. Melalui program GTRA dan GTMA ini, dapat menjadi solusi bagaimana lintas sektor bisa membantu setelah sertipikat diberikan.

“Hal lain adalah tata batas hutan dan bukan hutan, dan sebagainya. Kita coba cari peluang karena saya melihat GTRA ini adalah sebuah kesempatan istimewa karena semua kekuatan bisa kita koordinasikan,” kata Surya Tjandra dalam kunjungan kerjanya ke Tanah Papua beberapa waktu lalu.

Dia juga menegaskan bahwa negara harus hadir, betul-betul datang ke masyarakat dan menyampaikan apa yang bisa diberikan pemerintah untuk membangun semua wilayah tanpa terkecuali. “Pemerintah berkewajiban hadir menyapa. Oleh sebab itu, beberapa hari di Papua ini saya mau belajar ke 4 kabupaten yaitu Jayapura, Kerom, Boven Digoel dan Merauke. Kita sama-sama siapkan apa yang menjadi harapan pendiri bangsa ini, dan tanggung jawab pemerintah, khususnya pemerintah pusat mendengarkan aspirasi semua masyarakat,” lanjutnya.

“Saya berharap bisa betul-betul saling berkoneksi. Ini Indonesia, kita semua Indonesia dan tugas kita semua ini di Indonesia dan merasa warga negara Indonesia membangun semua wilayah ini tanpa terkecuali,” pungkasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.