Jumat, 3 Februari 23

BPN DKI Jakarta Tuntaskan 5 Kasus Mafia Tanah di Tahun 2022

BPN DKI Jakarta Tuntaskan 5 Kasus Mafia Tanah di Tahun 2022
* Kepala Kanwil BPN DKI Jakarta, Dwi Budi Martono. (Foto: dok obsessionnews)

Obsessionnews.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) DKI Jakarta berhasil menuntaskan lima kasus mafia tanah pada tahun 2022.

Kelima kasus mafia tanah tersebut meliputi kasus yang menyangkut selebriti Nirina Zubir, kasus di Petogogan, Petojo Selatan, Pegangsaan, dan Kalibata.

“Jadi setiap tahun kami (Kanwil BPN DKI Jakarta, red) bersama Polda Metro Jaya menetapkan target. Tahun ini ada empat yang kemudian kita tambah satu lagi menjadi lima,” kata Kepala Kanwil BPN DKI Jakarta, Dwi Budi Martono kepada media pada Rabu (30/11/2022).

Empat dari lima kasus mafia tanah yang ditangani tersebut telah tuntas, dan satu sisanya masih ditangani oleh Kanwil BPN DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, hingga Kejaksaan.

“Yang tuntas ini kita sudah sampai ke pengadilan. Ada yang bahkan sudah sampai ke pemulihan. Jadi sertifikat hasil kerja mafia tanah sudah dibatalkan, itu kita sebut tuntas,” tambahnya.

Untuk menangani masalah ini, Kanwil BPN DKI Jakarta menerapkan dua strategi besar. Pertama, bekerja sama dengan aparat penegak hukum.

Strategi kedua dengan membangun data melalui aplikasi Sentuh Tanahku, sehingga pemegang hak bisa memantau status lahannya secara digital.

Nantinya, kata Dwi Budi, para pemegang hak bisa langsung mengetahui apabila terjadi transaksi terhadap bidang tanahnya dan bisa langsung membatalkan atau mengambil langkah atas tindak kejahatan tersebut.

“Kalau ada langkah enggak benar, dia (pemegang hak) bisa blokir. Mudah-mudahan aplikasi ini bisa memitigasi kejadian-kejadian mafia tanah,” tutup Dwi Budi Martono. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.