Rabu, 8 Februari 23

BP2MI Terimakasih ke Airlangga yang Merevisi Permenko Perekonomian Soal KUR PMI

BP2MI Terimakasih ke Airlangga yang Merevisi Permenko Perekonomian Soal KUR PMI
* Kepala BP2MI Benny Rhamdani saat pidato di acara Migrants Day 2021. (Foto: tangkapan layar)

Jakarta, obsessionnews.comPerayaan Hari Pekerja Migran Internasional tahun ini dirayakan di Kantor Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Jakarta, pada Sabtu (18/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengucapkan terimakasih dan hormat setinggi-tingginya kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto yang telah merevisi Permenko Perekonomian tentang pedoman pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Atas kebijakan yang sangat progresif, setelah mendengarkan usulan-usulan dari BP2MI agar dilakukan revisi terhadap Permenko Perekonomian tentang pedoman pelaksanaan KUR bagi PMI yang dulu kita merasakan KUR TKI tersebut benar-benar tidak memberikan keuntungan dan manfaat, bahkan faedah sebesar-besarnya bagi PMI,” ujar Benny dalam pidatonya di acara Migrants Day 2021 di Kantor BP2MI, Jakarta.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh Airlangga berani melakukan revisi Permenko Perekonomian tentang pedoman pelaksanaan KUR bagi PMI dengan bunga yang saat ini 6 persen diberikan di tahap proses penempatan dan disalurkan langsung kepada PMI tanpa melalui lembaga leaders adalah sebuah kebijakan yang harus apresiasi bersama.

Di kesempatan yang sama, Airlangga menyampaikan, pemerintah berkomitmen untuk terus melakukan berbagai upaya dalam memberikan keberpihakan dan kepedulian terhadap PMI.

“Salah satunya adanya perubahan kebijakan KUR melalui Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi UMKM, yakni perubahan plafon KUR Mikro (tanpa agunan tambahan) dari maksimal Rp50 juta menjadi maksimal Rp100 juta,” ujar Airlangga dalam virtual di acara tersebut.

Selain itu, penyesuaian plafon KUR Penempatan TKI dari maksimal Rp25 juta menjadi Rp100 juta, memberikan relaksasi dengan menghapus tagih KUR bagi masyarakat yang terkena dampak bencana erupsi Gunung Semeru hingga perubahan dan perpanjangan Relaksasi Kebijakan KUR pada masa Pandemi Covid-19.

“Saya juga sampaikan terima kasih kepada rekan-rekan BP2MI, atas apresiasinya melalui PMI Award. Insya Allah ini akan jadi semangat untuk kita semua,” ucap Airlangga. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.