Kamis, 19 September 19

Bos Starbucks Cofee Temui Gita Wirjawan

Bos Starbucks Cofee Temui Gita Wirjawan
Jakarta- Chairman, President & Chief Executive Officer (CEO) Starbucks Coffee Company, Howard Schultz mengunjungi Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan di kantornya, kemarin.
“Kehadiran pimpinan Starbucks ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh seluruh pengusaha Indonesia untuk belajar darinya mengenai best practice dalam menjalankan perusahaan hingga memiliki merek yang mendunia,” ungkap  Gita.
Gita memuji Starbucks karena memiliki keseimbangan dalam hal profit dan social conscience, sementara banyak usaha waralaba lainnya yang takut keuntungannya berkurang jika memerhatikan aspek sosial, “Dengan adanya kesadaran pada aspek sosial dan melakukan pembinaan kepada pegawai serta komunitas lokal, maka masyarakat dan juga pengusaha kecil dapat diuntungkan dengan kehadiran Starbucks. Hal ini patut dicontoh oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia,” ujar Pria yang menjabat Ketua PB PBSI tersebut.
Sementara Schultz menyampaikan mengenai pengalamannya dalam mengelola Starbucks dan bagaimana perusahaan ini membangun merek global selama 40 tahun. Schultz menyebutkan bahwa kunci sukses perusahaannya adalah cinta (love) dan kemanusiaan (humanity), yang menurutnya tidak diajarkan dalam buku dan kelas bisnis manapun. “Selain itu, dalam menjalankan bisnis, ada sebuah rangkaian kesuksesan yang telah kami alami dan akan kami sampaikan kuncinya ke kalangan bisnis manapun yang hadir di sini, dan hal tersebut adalah ‘kepercayaan’,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Schultz memaparkan bahwa saat ini media sosial memegang peranan penting dalam membangun dan mengelola sebuah merek global. “Inilah yang dilakukan Starbucks dengan mengalokasikan sebagian besar dana pemasarannya dari media tradisional ke media sosial,” ujarnya.
Sejak tahun 1971, Starbucks telah mengolah biji kopi kualitas terbaik di dunia. Saat ini, Starbucks telah memiliki gerai lebih dari 16.000 yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Starbucks mulai masuk pada tahun 2002 melalui PT. Sari Coffee Indonesia. Gerai pertama Starbucks yang didesain dengan gaya populer terletak di Plaza Indonesia, di jantung Ibu Kota Jakarta. Hingga hari ini, Starbucks telah memiliki 147 gerai di Indonesia, diantaranya berlokasi di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Semarang, Batam dan Makassar. (rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.