Selasa, 28 September 21

Bos PT Sentul City Jadi Tersangka

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Kwee Cahyadi Kumala alias Swie Teng selaku Komisaris Utama PT Bukit Jonggol Asri atau PT BJA sekaligus selaku Presiden Direktur PT Sentul City Tbk sebagai tersangka kasus suap tukar menukar lahan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Setelah melakukan penyelidikan maka telah diperoleh dua bukti yang cukup dan telah disimpulkan bahwa KCK alias ST diduga melakukan tindak pidana korupsi,” ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di kantornya, Selasa (30/9/2014).

Cahyadi diduga bersama-sama Yohan Yap menyuap Bupati Bogor nonaktif Rahmat Yasin senilai Rp 4,5 miliar guna mendapatkan Surat Rekomendasi Tukar Menukar Kawasan Hutan atas nama PT Bukit Jonggol Asri. Dia juga diduga merintangi penyidikan dengan cara menghilangkan barang bukti serta mempengaruhi saksi-saksi selama persidangan berlangsung.

“Perkara ini sebagian sudah masuk pada tingkat persidangan di pengadilan dan info yang diperoleh penyidik bahwa ST telah melakukan…., sehingga ada upaya dilakukan KPK,” kata Johan.

Oleh KPK, pria yang berprofesi sebagai pengusaha itu dikenakan pasal 5 ayat 1A atau B atau pasal 13 dan pasal 21 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999, sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Has)

 

Related posts