Sabtu, 23 Oktober 21

Bogor Diguyur Hujan, Bendungan Katulampa Siaga IV

Bogor Diguyur Hujan, Bendungan Katulampa Siaga IV
* Akibat air hujan yang turun konstan membuat status Bendungan Katulampa meningkat.

Bogor, Obsessionnews – Hujan deras yang mengguyur Bogor sejak Minggu (28/2/2016) subuh tadi membuat status di Bendungan Katulampa meningkat. Menurut Kepala Pengawas Bendung Katulampa, Kota Bogor, Andi, ketinggian air Sungai Ciliwung yang mengalami peningkatan akibat hujan mengakibatkan status di bendungan itu menjadi Siaga IV saat ini.

“Pukul 08.39 WIB ketinggian air mencapai 80 centimeter, status Siaga IV. Ketinggian permukaan air di Bendung Katulampa naik secara bertahap, dari awalnya 20 centimeter, lalu naik pada pukul 08.15 menjadi 70 centimeter,” kata Andi.

Ia pun berprediksi ketinggian air masih bertambah, karena di atas (Puncak) masih diguyur hujan. Untuk itu Andi mengimbau warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk mewaspadai kenaikan permukaan air secara tiba-tiba. Diperkirakan dalam waktu 12 jam air akan tiba di wilayah hilir Jakarta.

Meningkatnya permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, terjadi karena bagian hulu sungai yakni di kawasan Puncak diguyur hujan sejak Minggu pagi. Hujan turun merata, dengan intensitas ringan hingga sedang.

Hujan yang turun sejak Minggu subuh tadi tidak hanya mengguyur kawasan Puncak, tetapi juga Kota dan Kabupaten Bogor. Hujan sudah mulai turun dari pukul 04.55 WIB, hingga pukul 08.49 mendung dan hujan sedang masih berlangsung.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi, Dramaga, memperkirakan pagi hingga malam hari, wilayah Bogor akan diguyur hujan sedang hingga lebat.

Hingga saat ini, hujan sedang hingga lebat masih mengguyur wilayah Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Cianjur dan Sukabumi. Bahkan berdasarkan pantauan Obsessionnews, hujan yang turun secara konstan sudah membuat sejumlah perumahan di Tangerang, kebanjiran.

Sore hari, umumnya berpotensi hujan ringan hingga sedang. Dan malam hari masih berpotensi hujan ringan sedang di seluruh wilayah Jawa Barat. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.