Kamis, 24 Juni 21

Bocah SMP Juara Matematika Sains, Hafal 13 Juz Al-Qur’an

Bocah SMP Juara Matematika Sains, Hafal 13 Juz Al-Qur’an
* Qonita Aulia Azka Aqila diapit kedua orangtuanya. (Foto: Ist)

Ramadhan dan lebaran kali ini, kita masih dalam situasi pandemi Covid-19. Selama bulan puasa Ramadhan umat Islam telah melakukan puasa Ramadhan dan amal kebajikan lain, seperti Shalat Tarawih dan Shalat Sunah lainnya, demikian juga tadarus Al-Qur’an.

Qonita Aulia Azka Aqila.

Kemampuan menghal Al-Qur’an sudah menyebar ke seluruh dunia, terlebih lagi di bulan Ramadhan, kaum muslimin berlomba membaca dan menghafalnya.

Menghafal Al-Qur’an ada yang menganggap sulit dan berat. Namun hal ini bukan menjadi masalah bagi orang yang memiliki cita-cita dan kesungguhan untuk menghafalnya, ungkap Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir.H.Alief Einstein,M.Hum.

Kisah Qonita Aulia Azka Aqila siswa kelas 8 SMP Al Irsyad Purwokerto kelahiran 14 Januari 2007 ini mendapatkan beasiswa bebas SPP dan berhasil menghafalkan 13 juz Al-Qur’an serta mengikuti berbagai kompetisi Bahasa Inggris sampai memperoleh juara di antaranya Medali Emas pada OMNAS 10 (Olimpiade Matematika, Sains dan Bahasa Inggris) secara online pada tanggal 13-14 Maret 2021 Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Medali Emas pada Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia (OPSI) November 2020 juga online Tingkat Nasional tanggal 22 November 2020. Medali Perunggu pada OMNAS 9 Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Surakarta pada tanggal 19 Januari 2020.

Qonita sapaan akrabnya, merupakan anak satu-satunya. Kedua orang tuanya berprofesi sebagai dosen Unsoed, Amin Fatoni, Ph.D. (Ketua Jurusan Kimia, FMIPA, Unsoed) dan Mekar Dwi Anggraeni, Ph.D. (Ketua Jurusan Keperawatan, FIKES, Unsoed).

Ketika Amin dan Mekar S3 di Prince of Songkla University, Thailand, Qonita masih sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) di Hat Yai, Songkla, Thailand Selatan. Waktu Qonita kecil di Thailand menonton film/kartun yang berbasa Inggris sudah mengetahui artinya dan sampai saat ini menjadi kebiasaan selalu bicaranya dengan bahasa Inggris.

Qonita mulai masuk kelas 1 SD di SD Al Irsyad, Purwokerto sudah diajari membaca Al-Qur’an dan hafalan surat-surat pendek. Pada awal mula Qonita mengafal Al-Qur’an tentu “agak” kesulitan, membutuhkan konsentrasi khusus agar tiap ayat yang dibaca terekam di ingatan “memorinya”.

Kesulitan itu terjadi sekitar awal-awal kelas 3 SD. Selanjutnya ketika sudah terbiasa, maka serasa cepat
sekali, membaca beberapa kali ayat Al-Qur’an selanjutnya sudah hafal. Namun demikian, memang ayat-ayat dalam Al Qur’an menurut Qonita ada yang mudah di hafal, dan kadang ada ayat-ayat dalam suatu surat yang susah di hafal.

Sebelum masa Pandemi Covid-19, setiap hari di kelasnya ada waktu khusus untuk menghafal Al-Qur’an, sekitar 2 jam per hari. Target Qonita saat setoran “hafalan” Al-Qur’an per hari setengah halaman. Cara setoran, Qonita menyiapkan diri dulu sampai hafal, setelah hafal, antri untuk setoran satu per satu ke Ustadza nya.

Khusus di masa pandemi, Qonita menghafal sendiri di rumah, dan setoran
hafalan setiap hari Selasa dan Kamis. Pada hari Selasa dan Kamis, masing-masing setor hafalan 1 halaman. Adapun setoran di masa pandemi dilakukan dengan rekaman dengan video, kemudian submit melalui google form yang telah disediakan Ustadza nya.

Setoran-setoran tersebut untuk mengetahui kesalahan Qonita yang mungkin terjadi dan bisa segera dikoreksi saat disetorkan ke Ustadza.

Agar tidak mudah lupa terhadap hafalan Al-Qur’an yang sudah dihafal, Qonita punya teknik yang tepat untuk mempercepat menghafal Al-Qur’an di antaranya pertama setelah setoran, Qonita menghafal kembali dengan mengulang-ngulang ayat yang sudah dihafal.

Sebab, semakin sering mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut lengket di ingatannya. Kedua, Qonita berkomitmen pada durasi 20 – 30 menit meluangkan waktu khusus untuk menghafal Al-Qur’an secara konsisten setiap harinya. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.