Senin, 21 September 20

BNI Go Global Siap Bersaing di Kancah Internasional

BNI Go Global Siap Bersaing di Kancah Internasional
* BNI cabang luar negeri. (Foto: BNI)

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menegaskan tetap menjadi pemain utama bisnis perdagangan internasional dan international payment dalam industri perbankan di Indonesia.

Pemimpin BNI KCLN London Bani Iqbal mengungkapkan, penegasan ini cukup beralasan, mengingat BNI memiliki enam kantor cabang luar negeri (KCLN) di pusat bisnis Internasional , yakni di Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, London, dan New York, serta satu sub-branch di Osaka.

“BNI telah membuktikan bahwa #BUMNGoGlobal dan mampu bersaing di kancah internasional,” ujar Bani dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/8/2020).

Dia menjelaskan, keberadaan kantor cabang itu tidak sekadar memberikan keunggulan terhadap bisnis International Banking BNI, tapi juga berkontribusi secara signifikan terhadap laba bersih Perseroan dari bisnis internasional selama 2019, yang tumbuh 84,6% year on year.

“Di kota itu, BNI berfokus melayani aktivitas pebisnis Indonesia di Inggris, baik eksportir maupun importir, dan pengusaha Inggris di Indonesia,” tutur Bani.

Itulah sebabnya BNI KCLN London tidak hanya memfasilitasi dari sisi pembiayaan, tapi juga advisory. Hal itu termasuk membantu pebisnis Indonesia yang ingin mendirikan perusahaan di London, seperti memberikan jaringan yang dimiliki dan menyiapkan pengacara serta akuntan, agar perusahaannya dapat berdiri dengan baik.

“Fasilitas kami tidak hanya dari sisi pembiayaan, tapi juga asistensi advisory. Misalkan saja ada nasabah Jakarta yang salah satu unit usahanya ingin trading komoditas di pasar Eropa, lantas hendak membuka perusahaan di London, jadi kami bantu itu,” tutur Bani.

Pelayanan lain di BNI KCLN London, yang berlokasi di 30 King Street, juga mencakup loan, baik corporate loan maupun syndicated loan, trade finance, treasury ,dan remitansi. Semua pelayanan tersebut dapat membantu Indonesia meningkatkan ekspor.

Dia juga menjelaskan soal keunikan London dan Eropa, yakni adanya fasilitas export trade agency (ECA) yang bisa dimanfaatkan. Untuk itu, BNI KCLN London menjalin kerja sama dengan ECA sejak tiga tahun lalu agar fasilitas ini dapat dimanfaatkan pelaku usaha di Tanah Air.

“Lembaga ECA ini bisa memberikan garansi hingga 85% dan fungsinya mirip dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor di Indonesia,” ujar Bani.

Dengan berbagai pendekatan tersebut, BNI KCLN London mencatatkan pertumbuhan kinerja. Pada 2019, aset BNI KCLN London tumbuh 16,4% di atas rata-rata industri, total loan tumbuh 42,3%, total funding tumbuh 16,2%, dan net profit juga tumbuh 78,9%. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.