Jumat, 26 April 24

BNI dan Mandiri Siap Ekspansi Masuk Pasar ASEAN

BNI dan Mandiri Siap Ekspansi Masuk Pasar ASEAN
* Bank Mandiri.

Jakarta, Obsessionnews.com – Indonesia sudah memiliki komitmen untuk melaksanakan integrasi perbankan ASEAN atau ASEAN Banking Integration Framework (ABIF). Hal tersebut merupakan kelanjutan pasca kesepakatan antara Indonesia dan negara ASEAN terkait Qualified ASEAN Banking (QAB).

Ada dua bank dari Indonesia yang menyatakan minatnya untuk melakukan ekspansi pembukaan cabang di kawasan ASEAN yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). Kedua sebenarnya sudah memiliki kesiapan yang matang.

Direktur Tresuri Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, ekspansi itu sudah direncanakan Hanya saja, Bank Mandiri masih harus melakukan kajian terkait negara ASEAN mana yang akan dijadikan sasaran ekspansi. Bank berlogo pita emas ini masih menunggu ratifikasi pemerintah pada ABIF selesai dibahas.

“Kami masih menunggu ratifikasi pemerintah pada ABIF selesai. Kajian bisnis kini sedang dikerjakan,” ujarnya Jumat (9/3/2018).

Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Operasional BNI Bob Tyasika Ananta menjelaskan dalam rencana bisnis bank (RBB) tahun 2018 BNI belum memasukkan keinginan untuk ekspansi. Namun yang jelas, BNI tetap berkeinginan untuk melebarkan sayap di pasar ASEAN apabila ada kesempatan.

“Sampai saat ini, khususnya 2018, rasanya belum ada rencana itu dalam pipeline. Tapi tentunya kemungkinan itu tetap terbuka jika memang ada kesempatannya,” kata Bob.

Sebelumnya, Bank Mandiri dikabarkan tengah merencanakan untuk membuka cabang penuh di Malaysia. Sementara BNI, masih mengkaji kawasan-kawasan yang dijadikan tujuan ekspansi,

Adapun, saat ini BNI sudah memiliki 6 kantor cabang di luar negeri yakni Hong Kong, London, New York, Singapura, Tokyo dan satu kantor fungsional di Osaka. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.