Sabtu, 16 Oktober 21

BMKG Uji Coba Sirine Peringatan Tsunami

BMKG Uji Coba Sirine Peringatan Tsunami

Padang, Obsessionnews – Enam sirine peringatan dini tsunami yang tersebar di sejumlah daerah di Sumatera Barat (Sumbar) Sabtu (26/3) di uji coba. Ujicoba yang dilakukan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang itu, dipusatkan di Kantor Pusat Pengendalian Operasi (Puldalops) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sumbar.

Uji coba alat peringatan dini tsunami tersebut tersebar di sepanjang pantai barat Sumbar, masing-masing satu unit di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Kemudian, satu unit di Rimbo Kalung, Kota Padang, Korong Cimpago, Padang Pariaman. Alai Gelombang, Kota Pariaman dan Tiku, Kabupaten Agam serta Sasak, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

Kepala Observasi BMKG Padang Panjang, Fajar Dwi mengatakan, ujicoba yang dilakukan rutin setiao bulan untuk mengetahui berfungsi atau tidak.

“Dalam pengecekan seluruh sirine berfungsi dan tidak ada lagi kerusakan yang berarti. Tes ini dilakukan setiap bulan per tanggal 26 sekitar jam 10:00 WIB,” ujarnya.

Fajar mengatakan, Sumbar sebagai daerah yang rawan gempa bumi dan diiringi, sirine itu sangat bermanfaat bagi warga yang berada di bibir pantai, hingga radius 10 kilometer. Jika terjadi gempa bumi, sirine memberikan peringatan dini kepada warga agar menjauh dari bibir pantai. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.