Rabu, 24 April 24

BMKG Keluarkan Status Siaga yang Berpotensi Cuaca Ekstrem untuk Beberapa Wilayah di Jabar

BMKG Keluarkan Status Siaga yang Berpotensi Cuaca Ekstrem untuk Beberapa Wilayah di Jabar
* Ilustrasi hujan. (Foto: Kapoy/obsessionnews)

Bandung, obsessionnews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung mengeluarkan status siaga bagi beberapa daerah di Jawa Barat (Jabar).

BMKG mengeluarkan status siaga hingga 2 November 2021, untuk wilayah di Kabupaten Bandung; Sukabumi; Cianjur; Kabupaten Bogor; Kabupaten Bekasi; Kota Bekasi; Kota Depok; dan Kabupaten Garut.

Sementara daerah yang berstatus waspada adalah Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Bandung Barat, Bogor, Sukabumi, Sumedang, Purwakarta, Indramayu, Subang, Dopok, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, dan lainnya.

Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu menyampaikan, hasil monitoring BMKG terhadap perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, diindikasikan terdapat potensi signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia.

“Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas,” ujar Teguh, Senin (1/11/2021).

Selain itu, cuaca ekstrem diprediksi didorong aktifnya fenomena MJO. Kemudian aktifnya gelombang Rossby dan gelombang Kelvin dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan. Potensi awan hujan juga termasuk wilayah Jawa Barat dan Bandung Raya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem dalam dua hari ke depan. Terutama untuk beberapa daerah yang biasa terkena banjir. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.