Kamis, 9 Februari 23

Blatter Mundur Dari Jabatan Presiden FIFA

Blatter Mundur Dari Jabatan Presiden FIFA
* Sepp Blatter baru terpilih kembali sebagai Presiden FIFA pada akhir pekan lalu. (bbc.co.uk)

Zurich – Sepp Blatter mengatakan akan mengundurkan diri dari FIFA di tengah-tengah skandal korupsi yang melanda badan sepak bola dunia itu.

Saat mengumumkan pengunduran dirinya, pria berusia 79 tahun itu mengatakan kongres luar biasa FIFA akan ‘digelar secepat mungkin’ untuk memilih presiden baru.

Blatter baru terpilih untuk masa jabatan yang kelima kalinya pekan lalu, dua hari setelah tujuh pejabat FIFA ditangkap karena dakwaan korupsi oleh Kejaksaan Agung Amerika Serikat.

Namun dia mengakui, “Mandat saya tampaknya tidak didukung oleh semua orang.”

Sepp Blatter meninggalkan ruang konferensi pers di kantor pusat FIFA di Zurich, Swiss. (bbc.co.uk)
Sepp Blatter meninggalkan ruang konferensi pers di kantor pusat FIFA di Zurich, Swiss. (bbc.co.uk)

FIFA terguncang oleh penangkapan para pejabat dan beberapa pihak lain yang terkait sepak bola dengan dakwaan korupsi, penipuan, dan pencucian uang.

Sementara penyelidikan terpisah digelar pihak berwenang Swiss tentang proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022, yang dimenangkan Qatar dan Rusia.

“Saya amat terkait dengan FIFA dan kepentingannya. Kepentingan itu yang utama dan itulah kenapa saya mengambil keputusan ini,” tambah Blatter dalam konferensi pers di kantor pusat FIFA di Zurich, Selasa (2/6/2016).

“Yang paling saya perhitungkan adalah kelembagaan FIFA dan sepak bola di seluruh dunia.”

Blatter didesak oleh badan sepak bola Eropa, UEFA, untuk mundur dari pencalonannya sebelum pemilihan presiden FIFA namun dia tetap maju dan mengalahkan Pangeran Ali bin al-Hussein dari Yordania. (bbc.co.uk)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.