Kamis, 17 Oktober 19

‘Black Campaign’ Jadi Tantangan Sesungguhnya Jokowi

‘Black Campaign’ Jadi Tantangan Sesungguhnya Jokowi
* Presiden Jokowi saat membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show atau IIMS 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua DPP PDI-P Andreas Hugo Pareira menyebut tantangan terberat Jokowi dalam menghadapi Pilpres 2019 bukan sosok capres penantang, tetapi kampanye hitam atau black campaign.

“Lawan Jokowi pada masa yang akan datang adalah isu, rumor, atau slogan-slogan black campaign yang diarahkan pada diri Jokowi,” kata Andreas, Senin (23/4/2018).

“Situasi ini yang kita hadapi dalam peta politik nasional saat ini adalah Jokowi sedang shadow boxing menghadapi politik identitas dan populisme,” tambah Andreas.

Andreas menyambut dingin hasil survei Litbang Kompas yang menempatkan Jokowi sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi, 55,9 persen. Menurut dia, hasil tersebut mencerminkan kinerja Jokowi selama ini.

“Tidak mengejutkan calon petahana melaju sendiri melampaui calon-calon lain, karena memang selama ini Presiden mendominasi karya dan prestasi kerjanya di republik ini,” katanya.

Sementara, kata dia, tokoh oposisi yang diharapkan muncul dari partai-partai di luar pemerintahan tidak memainkan peran dengan baik. Mereka justru cenderung menyerang pemerintah tanpa memberikan argumentasi yang jelas.

“Harus diakui tidak ada satu tokoh nasional pun saat ini yang mempunyai kinerja, atau pernah mempunyai kinerja yang menjadi modal sosial, selain Jokowi,” tandas dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.