Jumat, 26 April 24

BKD Jateng Siapkan 17 Pejabat Sementara

BKD Jateng Siapkan 17 Pejabat Sementara

Semarang, Obsessionnews – Banyaknya Kepala Daerah yang mengundurkan diri jelang Pilkada, ataupun telah memasuki Akhir Masa Jabatan (AMJ) membuat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tengah mempersiapkan pengganti mereka.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jateng, Arief Irwanto menyatakan pihaknya telah menyediakan  17 calon Pejabat Sementara (Pj) yang berasal dari Kepala Dinas golongan IV D atau minimal IV C eselon II.

“Mereka nanti dibekali sekolah selama tiga hari oleh senior-senior di Pemprov Jateng untuk mengetahui substansi pemerintahan di daerah. Dalam waktu dekat bisa laksanakan,” terang mantan Kepala Satpol PP Jateng itu, Jumat (19/6/2015).

Dari keterbutuhan Pj di 16 daerah, saat ini telah tersedia 17 pejabat sementara yang layak ditempatkan. Ke-17 orang tersebut sudah melengkapi syarat administrasi. Namun, terkait penempatan pihaknya menyatakan kewenangan itu milik Gubernur. Bahkan, apabila terdapat Kepala Daerah yang mundur sebelum AMJ tiba maka penempatan Pj akan dilakukan sesegera mungkin.

“PNS-nya saya siapkan. Kalau mundur mau diisi ya kita siapkan. Calon Pj akan disahkan seperti ada sertijab,” ujarnya.
Selanjutnya dalam penggantian Kepala SKPD yang menjabat sebagai Pj, BKD akan mem-Plt-kan jabatan tersebut hingga masa tugas sementara selesai.

Terpisah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerangkan dirinya sudah menyiapkan lima Pj terlebih dahulu sebagai persiapan. Kelimanya direncanakan menempati daerah dengan AMJ di bulan Juli yakni Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kebumen, Purbalingga, dan Kota Surakarta.

“Kecuali di Purbalingga, saya siapkan Plt jelas dari Provinsi, karena di sana Sekda-nya mau maju. Mereka tidak pakai uji kelayakan khusus karena secara layak atau tidak, mereka sudah layak semua. Mungkin nanti setelah dipilih akan dilakukan briefing,” pungkasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.