Minggu, 5 Desember 21

BJ Habibie Sumber Inspirasi Bagi Masyarakat Indonesia

BJ Habibie Sumber Inspirasi Bagi Masyarakat Indonesia
* BJ Habibie.

Siapa yang tak mengenal Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie? Putra Indonesia yang berpengaruh tidak hanya di dalam, tapi juga di luar negeri. Betapa tidak, track record-nya di dunia politik, penerbangan, hingga perfilman boleh dibilang melegenda.

BJ Habibie adalah tokoh yang tak pernah tenggelam oleh zaman. Sejak menjadi Menteri Riset dan Teknologi di era Orde Baru hingga menjadi Presiden ke-3 Republik Indonesia dan hingga sekarang ia selalu menjadi perhatian, teladan, dan sumber inspirasi bagi masyarakat Indonesia.

Awalnya dikenal sebagai pakar dirgantara. Mengenyam pendidikan di salah satu universitas terkemuka di Jerman, pria yang akrab disapa Habibie ini menerapkan konsep ciptaannya di penerbangan (pesawat). Kala itu, tidak ada satu pun ilmuan dan profesor yang bisa mengerjakan hal yang sama sepertinya.

Konsep ciptaannya adalah menghitung crack propragation on random. Dari situlah ia dikenal sebagai “Mr Crack”. Dengan teorinya, Habibie berhasil menghitung crack dengan rinci sampai pada hitungan atomnya. Tentunya teori ini membuat pesawat lebih aman. Tidak saja bisa menghindari risiko pesawat jatuh, tetapi juga membuat pemeliharaannya lebih mudah dan murah.

Dengan ditemukannya teori crack progression atau lebih dikenal dengan Faktor Habibie, porsi rangka baja pesawat bisa dikurangi dan diganti dengan dominasi alumunium dalam bodi pesawat terbang. Di samping itu bisa meringankan operating empty weight (bobot pesawat tanpa berat penumpang dan bahan bakar) sampai 10 persen dari bobot konvesionalnya.

Faktor Habibie ternyata juga memiliki peran dalam pengembangan teknologi penggabungan bagian per bagian kerangka pesawat. Sehingga sambungan badan pesawat yang silinder dengan sisi sayap yang oval mampu menahan tekanan udara ketika pesawat take off. Begitu juga pada sambungan badan pesawat dengan landing gear jauh lebih kokoh, sehingga mampu menahan beban saat pesawat mendarat. Faktor mesin jet yang menjadi penambah potensi fatique menjadi turun.

Pria peraih gelar diplom ingenieur dan doktor ingenieur dengan predikat summa cum laude di universitas RWTH Aachen, Jerman Barat, ini disebut juga sebagai “Manusia Multidimensional”. Setelah beberapa waktu sebelumnya, ia meraih medali penghargaan “Theodore van Karman” pada ajang bergengsi di tingkat internasional tempat berkumpulnya pakar-pakar terkemuka konstruksi pesawat terbang.

Pada tahun 1973, ia kembali ke Indonesia atas permintaan presiden Soeharto. Ia kemudian menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi sejak tahun 1978 sampai Maret 1998. Di tahun yang sama, ia juga diangkat menjadi Ketua Umum ICMI (Ikatan Cendiakawan Muslim Indonesia).

Berkat dedikasinya, Habibie kemudian diberi amanah menjadi Wakil Presiden mendampingi Soeharto. Puncak karir politiknya adalah pasca pengunduran Soeharto, Habibie dipercaya menjadi Presiden Republik Indonesia ketiga.

Sosok BJ Habibie yang terkenal dan hebat baik di dunia penerbangan dan tokoh politik diangkat ke Film layar lebar dengan judul Habibie & Ainun. Film yang mengisahkan kehidupan BJ Habibie dengan istrinya sukses mencuri perhatian masyarakat. Bahkan menjadi film biografi terlaris sampai saat ini. Film yang dirilis pada Desember 2012 ini ditonton lebih dari 4 juta orang di bioskop. Habibie & Ainun diangkat dari buku atau memoir berjudul sama yang ditulis sendiri oleh Habibie.

Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari tampil bagus dan kompak sebagai Habibie dan Ainun. Akting Reza banyak menuai pujian termasuk dari Habibie sendiri Reza pun mendapatkan Piala Citra sebagai Aktor Terbaik di FFI 2013. Lagu soundtracknya yang berjudul Cinta Sejati dan dibawakan Bunga Citra Lestari juga sempat menjadi hits.

Setelah menggebrak dunia perfilman Indonesia lewat Habibie dan Ainun, sekuel keduanya Rudy Habibie yang dirilis tahun ini berhasil mencapai 450 ribu penonton dalam kurun waktu kurang dari satu minggu penayangan. Angka ini terbilang cukup fantastis untuk film lokal.

Film besutan Hanung Bramantyo ini mendapat respons positif dari berbagai kalangan, tidak hanya dari fans namun juga beberapa tokoh penting. Salah satunya mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Majalah Men’s Obsession Edisi Agustus 2016 menobatkan Habibie sebagai salah seorang Tokoh Berpengaruh 2016. (Gyattri Fachbrilian)

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.