Kamis, 25 April 24

Bisnis Online, Ekosistem dan Kepercayaan Harus Dibangun

Bisnis Online, Ekosistem dan Kepercayaan Harus Dibangun

Jakarta, Obsessionnews – Diperkirakan, pengguna internet di Indonesia bakal menyentuh angka 102 juta individu pada 2016 mendatang. Ini artinya, angka yang saat ini sebesar 74 juta pengakses dunia maya, meningkat hampir separuhnya.

Doddy Lukito, CTO Ezytravel.com menilai, jika dilihat dari sisi travel dan wisata saja, potensi perdagangan via online sangat besar. Namun bukan berarti upaya pengembangannya bakal berjalan mulus.

Doddy bilang, kecepatan koneksi hingga saat ini masih jadi kendala besar. Makanya, para pelaku e-comerce serta pengguna bahkan penyedia layanan internet masih menunggu dan mendorong pemerintah agar segera mengeluarkan kebijakan tepat guna meningkatkan koneksi.

Doddy juga menyebutkan, setiap tahun, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia hanya 0,7%. Ini, masih jauh lebih kecil kalau dibandingkan Amerika Serikat dan Cina yang menyentuh 5% pertahun. Sementara itu, transaksi via online juga hanya mencatatkan angka peningkatan sebanyak 6% tiap tahun.

“Masih banyak ruang yang bisa diisi,” kata Doddy kepada wartawan pada gathering bulanan serta forum diskusi yang digagas Markplus Center Economy&Business.

Meski saat ini peningkatan transaksi via online masih terbilang kecil, kalau ditilik dari perkembangan pengguna internet yang diperkirakan bakal mencapai 102 juta orang pada tahun 2016 nanti, angkanya akan meningkat 250 lebih dari tiga tahun mendatang.

“Makanya ekosistem dan kepercayaan harus dibangun,” kata dia. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.