Kamis, 24 Oktober 19

Bikin Pusing, Tak Ada Murid-murid SD yang Ingin Jadi Menteri Keuangan

Bikin Pusing, Tak Ada Murid-murid SD yang Ingin Jadi Menteri Keuangan

Jakarta, Obsessionnews.com –  Murid-murid SD menganggap pekerjaan Menteri Keuangan sulit dan bikin pusing. Oleh karena itu mereka tak berkeinginan menjadi Menteri Keuangan.

Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam tulisannya di akun Facebooknya, Selasa (23/10/2018).

Berikut tulisan lengkap Sri di Facebook:

Hari Senin 22 Oktober 2018, saya bergabung dalam Gerakan Kemenkeu Mengajar untuk mengajar tentang keuangan negara kepada anak-anak Kelas VI di SDN Kenari 07 Jakarta. Di depan kelas, saya bercerita bahwa negara Indonesia ini diurus oleh Presiden yang dibantu oleh para Menterinya. Dan saya sebagai Menteri Keuangan membantu Pak Presiden mengurusi keuangan negara.

Sayangnya, ketika saya tanyakan kepada anak-anak, tidak ada yang bercita-cita menjadi Menteri Keuangan. Alasannya, karena pekerjaannya sulit dan bikin pusing. Sungguh polos dan lucu sekali anak-anak ini.

Saya juga secara sederhana menjelaskan pada mereka bahwa uang yang dikelola negara tersebut dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai sektor strategis seperti pendidikan, pembangunan infrastruktur, kesehatan, dana desa, dan subsidi rakyat miskin. Ketika saya bertanya dari mana uang negara didapatkan?

Mereka dengan cerdasnya menjawab dari pajak. Alhamdulillah, banyak dari mereka sudah paham peran pajak bagi pembangunan negara ini. Saya juga menceritakan pada mereka bahwa selain pajak, negara juga mendapat penerimaan dari PNBP dan hibah.

Di akhir sesi, saya juga mengajak anak-anak untuk bermain peran menjadi Menteri Keuangan, Menteri Pendidikan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial dan Menteri PU-Pera. Dalam roleplay kali ini, saya meminta seorang anak yang berperan sebagai Menteri Keuangan untuk mendistribusikan anggaran kepada Menteri-Menteri yang lain.

Kemudian saya bertanya kepada para Menteri cilik tersebut, untuk apa uang yang diberikan Menteri Keuangan itu digunakan? Walaupun jawabannya masih agak malu-malu, tapi umumnya mereka bisa memberikan contoh dengan baik.

Anak-anak ini sungguh sangat antusias belajar tentang Keuangan Negara.

Tak lupa, apresiasi juga saya sampaikan kepada 3.562 pegawai Kementerian Keuangan yang tergabung dalam gerakan kerelawanan Kemenkeu Mengajar 3, yang tersebar di 67 kota/kabupaten di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Anda semua telah menginspirasi dan menanamkan nilai kebaikan pada 58.799 siswa di 174 Sekolah Dasar. Luar biasa.

Semoga semangat positif ini akan menginspirasi anak-anak kita untuk semakin gigih mengejar cita-citanya. (arh)

 

Baca juga:

Dinobatkan Menteri Keuangan Terbaik, Warganet Puji Sri Mulyani 

Sri Mulyani Dinobatkan Menkeu Terbaik 2018

Sri Mulyani Bantah Soal Uang Jadup Korban Lombok

Sri Mulyani: Koral Ini Tidak Hanya Milik Indonesia, Tetapi Juga Milik Dunia

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.