Jumat, 22 Oktober 21

Bidik Misi Beri Beasiswa untuk 1.000 Mahasiswa Kalbar

Bidik Misi Beri Beasiswa untuk 1.000 Mahasiswa Kalbar

Pontianak, Obsessionnews.com – Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), akan memberikan beasiswa dari program Beasiswa Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi (Bidik Misi) kepada mahasisa Kalbar. Tahun ini sebanyak 1.000 mahasiswa akan memperoleh beasiswa tersebut, dengan alokasi sebanyak 600 beasiswa untuk jalur penyeleksian melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), 100 beasiswa melalui ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi nasional (SBMPTN), dan 300 beasiswa untuk seleksi mandiri.

Pengelola program beasiswa Bidik Misi di Untan, Dra Entin Daningsih, M.Sc, Ph.D, mengatakan, pihaknya sudah menginisiasi program pemberian beasiswa dari berbagai sumber dana bagi mahasiswa Untan yang berasal dari keluarga kurang mampu sejak 2007. Ujarnya

“Faktor finansial tidak lagi penjadi kendala bagi masyarakat untuk memberikan pendidikan kepada anaknya yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi,” kata Entin kepada obsessionnews.com baru-baru ini.

Sejak 2010 pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Bidik Misi bagi mahasiswa yang kurang mampu namun berprestasi.

Abdul Samad, mahasiswa semester 4 Fakultas Kehutanan Untan mengatakan sangat terbantu dengan adanya beasiswa dari Bidik Misi tersebut. Anak nelayan ini menerima beasiswa sebesar Rp 4 juta/semester.

“Selama mendapat beasiswa Bidik Misi, saya mendapattraining dalam rangka pengembangan diri, yakni pelatihan program kreativitas mahasiswa (PKM), kewirausahaan, dan pelatihan kepemimpinan,” katanya.

Ia menambahkan, penerima beasiswa membuat komitmen secara tertulis untuk selesai kuliah selama 8 semester dengan nilai indek prestasi komulatif (IPK) tidak boleh kurang dari 3.0. (Ahmad Saufi)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.