Jumat, 26 April 24

Biden Kecam China Lakukan Pembantaian Muslim Uighur

Biden Kecam China Lakukan Pembantaian Muslim Uighur
* Muslim Uighur dalam kamp tahanan rezim China. (Foto: Asia Times)

Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru dilantik, Joe Bidren dengan tegas mengecam rezim China komunis yang telah melakukan genosida (pembataian) terhadap etnis muslim Uighur.

Menteri luar negeri yang ditunjuk Presiden Joe Biden, Antoni Blinken, mengatakan ia sepakat dengan temuan yang disebutkan oleh menlu di bawah Trump, Mike Pompeo bahwa China melakukan genosida dalam tindakan represif terhadap warga Uighur dan Muslim lain.

Sejumlah kelompok hak asasi mengatakan China menahan sekitar satu juta orang Uighur dalam beberapa tahun terakhir dalam program yang disebut negara itu sebagai “kamp pendidikan kembali.”

Penyelidikan BBC menunjukkan warga Uighur digunakan sebagai tenaga kerja paksa.

Ketegangan dengan China menjadi salah satu isu selama pemerintahan Trump. Masalah lain termasuk kebijakan perdagangan dan juga isu pandemi virus corona.

“Saya yakin bahwa genosida berlangsung, dan kami menyaksikan upaya sistematis untuk menghancurkan Uighur oleh China,” kata Pompeo dalam pernyataan yang dibuat pada hari terakhirnya sebagai bagian dari pemerintahan Trump.

Pernyataan itu berisi tekanan kepada China namun tidak menyebutkan sanksi baru.

Saat ditanya apakah Blinken sepakat dengan pernyataan Pompeo, ia menjawab, “Itu penilaian saya juga.”

Ia menambahkan, “Terkait Uighur, saya rasa kami sama-sama sangat sepakat. Dan paksaan terhadap pria, perempuan dan anak-anak ke kamp konsentrasi, dengan mendidik mereka kembali untuk menyepakati ideologi Partai Komunis China, semua itu mengacu pada upaya melakukan genosida.”

Tim Biden mengeluarkan tuduhan serupa Agustus lalu dengan mengatakan warga Uighur mengalami penderitaan “penekanan yang sulit dijelaskan…di tangah pemerintah otoriter China.” (Red)

Sumber: BBC News

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.