Sabtu, 24 Oktober 20

BI Ramalkan Ekonomi Global akan Semakin Lemah

BI Ramalkan Ekonomi Global akan Semakin Lemah
* Ilustrasi perekonomian global.

Jakarta, Obsessionnews.com –  Bank Indonesia (BI) memperkirakan ekonomi global akan tumbuh lebih rendah disertai dengan penurunan volume perdagangan dunia yang cukup signifikan.

Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) diramalkan lebih rendah daripada perkiraan sebelumnya. Hal itu bisa terjadi seiring lemahnya investasi.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) menyampaikan lemahnya pemulihan ekonomi AS dan ketidakpastian  perekonomian AS mengakibatkan dipertahankannya suku bunga kebijakan AS atau Fed Fund Rate (FFR).

“Diperkirakan hanya akan mengalami kenaikan satu kali pada tahun 2016. Sementara itu, masih lemahnya aktivitas investasi dan konsumsi di Eropa, semakin memperlambat pertumbuhan ekonomi Eropa,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2016) siang.

Tak hanya itu, potensi pelemahan ekonomi juga dialami Tiongkok. Sementara itu di pasar komoditas, harga minyak dunia menurun, sejalan dengan terus meningkatnya produksi minyak OPEC. Sementara itu, harga beberapa komoditas ekspor Indonesia sedikit membaik, terutama CPO. (@aprilia_rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.