Jumat, 19 April 24

BI: Perekonomian RI di Tahun 2016 akan Meningkat

BI: Perekonomian RI di Tahun 2016 akan Meningkat

Jakarta, Obsessionnews- Semakin kokohnya fundamental ekonomi, Bank Indonesia (BI) menilai kondisi perekonomian Indonesia di Tahun 2016 akan semakin baik. Pengaruh Pernyataan Chairwomen dalam menaikkan Fed Rate menjadi penopang prediksi kemajuannya.

“di Tahun 2016 ini BI memprediksikan ekonomi Indonesia ke depan akan semakin baik. Fundamental kita lebih kokoh dengan stabilitas yang lebih baik,” kata Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Juda Agung di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2016).

Pengaruh dari sisi global juga menjadi penopang, divergensi yang terjadi di antara negara maju lebih sempit dengan perekonomian Amerika Serikat yang masih diliputi ketidakpastian. Sedangkan di Eropa dan Jepang terjadi pelonggaran stance kebijakan moneternya.

Sedangkan di negara maju terjadi divegensi sebab pernyataan Janet Yellen yang memutuskan untuk kehati-hatianya dalam menaikkan Fed Rate, selain itu prediksi kemajuan ekonomi Indonesia juga disebabkan upaya pemerintah guna mengakselerasi stimulus fiskal dan implementasi reformasi struktural.

“Berlanjutnya momentum penguatan ekonomi diharapkan dapat meningkatkan optimisme terhadap prospek ekonomi dan mendorong masuknya aliran modal asing, yang pada gilirannya dapat mengurangi tekanan stabilitas makroekonomi,” pungkasnya. (Aprilia Rahapit/*)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.