Selasa, 6 Desember 22

Best Achiever In Ceo Private Sector Yoshihiro Nakata (Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor)

Best Achiever In Ceo Private Sector Yoshihiro Nakata (Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor)

Baru menjabat Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) pada April 2017, Yoshihiro Nakata langsung membuktikan kinerjanya yang cemerlang. Ia mampu mempertahankan posisi TAM sebagai market leader dengan market share hampir 35 persen. Di bawah kepemimpinannya, Toyota mampu meraih peningkatan penjualan sebanyak 3,1 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya dan berhasil membukukan penjualan mobil sebanyak 318.829 unit.

 

Pertumbuhan penjualan tersebut disumbang oleh segmen MPV, seperti Avanza, Innova, dan Calya menjadi tulang punggung penjualan Toyota dengan kontribusi sebesar 71,3 persen dari total penjualan Toyota. Kinerja positif ini merupakan refleksi dari upaya Toyota yang berkomitmen memberikan Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service sebagai fondasi utama semangat Toyota Let’s Go Beyond. Di bawah nakhoda Nakata, Toyota terus berinovasi untuk menghadirkan produk-produk terbarunya atau melakukan improvement model dengan sentuhan lokal dan tetap mengedepankan high technology. Salah satunya seperti yang dilakukan dengan meluncurkan ‘modified variant’ seperti Toyota Yaris Heykers dan terbaru Toyota All-New Innova ‘Venturer’. Selain itu, Toyota juga akan makin memfokuskan layanan prima bagi pelanggan, termasuk melalui upaya pengembangan dan perluasan jaringan outlet resmi Toyota guna memberikan kemudahan akses terhadap produk, teknologi, dan aftersales service kepada pelanggan.

 

Untuk memberikan keamanan kepada para pelanggannya, baru-baru ini melalui TAM, Nakata berinovasi dengan meluncurkan produk teranyarnya yaitu New Yaris andalan baru Toyota untuk segmen hatchback. New Yaris dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang berjiwa muda di segmen medium hatchback. DNA Yaris tetap dipertahankan, namun kini memiliki desain yang sporty dan fitur keselamatan lengkap. Kendaraan ini hadir dalam tiga grade, yaitu TRD Sportivo, G, dan E masing-masing dengan transmisi otomatis (CVT) dan Manual 5-speed (MT). “Kami menyematkan top class safety terlengkap yang tersedia pada seluruh grade New Yaris, supaya konsumen benar-benar merasakan kenyamanan dan keamanan yang sesugguhnya,” kata Nakata.

 

Predikat sebagai market leader yang disandang TAM setiap tahunnya memang tidak lepas dari komitmen Nakata untuk senantiasa menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan masyarakat. Karena itu tidak heran, selama lebih dari 4 dekade eksistensi di pasar otomotif nasional, Toyota pun berhasil mengakumulasikan penjualan sebanyak 5 juta unit. Atas kerja keras Nakata memimpin TAM, perusahaan ini pun berhasil meraih penghargaan posisi tertinggi sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat di Tanah Air dengan pelayanan purna jual terbaik kepada para pelanggan. Penghargaan yang bernama Indonesia Customer Service Index (CSI) Study 2017 oleh J.D. Power Asia Pacific, yang merupakan jasa konsultasi marketing berskala global.

 

Selain itu, Keberhasilan Toyota dalam mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar otomotif nasional tidak hanya tergantung pada produk dan teknologi yang diperkenalkan selama ini, melainkan juga karena adanya layanan prima bagi pelanggan pada saat pembelian kendaraan, serta bagaimana pengalaman mereka setelah memiliki kendaraan atau aftersales. Toyota mempunyai standar layanan aftersales yang antara lain meliputi item pekerjaan Servis Berkala yang lengkap, penanganan kendaraan Toyota oleh teknisi yang berpengalaman dan tersertifikasi, penggunaan suku cadang yang terjamin keasliannya (Toyota Genuine Parts), serta peralatan yang sesuai dengan teknologi Toyota. Tidak berhenti disitu, penghargaan pun kembali didapatkan Nakata dengan memperoleh 2 penghargaan Indonesia Best Foreign CEO Award 2017, masing-masing sebagai ‘Best Foreign CEO In Enviromental Issue’ dan ‘Top 5 Foreign CEO Industrial Automotive Sector’. Nakata keluar sebagai penerima penghargaan setelah mendapat penilaian tertinggi di antara 100 CEO asing yang terpilih sebagai nominasi.

Tidak hanya itu, Toyota juga terus memberikan kontribusi nyata tidak hanya di bidang lingkungan namun juga di bidang sosial lainnya seperti pendidikan dan kemasyarakatan, meliputi penyelamatan Sumber Daya Air, Menghemat Energi dan Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan, Mengembangkan Keanekaragaman Hayati, Mempelopori Pencegahan Polusi, Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu. Sejak kehadirannya di Indonesia 45 tahun lalu, Toyota Indonesia terus berupaya meningkatkan kontribusi baik melalui pengembangan produk dan industri, maupun kegiatan sosial, termasuk aktif di bidang pelestarian lingkungan. Nakata menyebutkan bahwa Toyota tak hanya memiliki komitmen penuh pada pengembangan bisnis yang baik dan sehat, namun juga memiliki kepedulian dalam perbaikan masyarakat dan lingkungan demi membangun Indonesia yang lebih baik. “Program kontribusi sosial kami lakukan dalam semangat Toyota Berbagi, yang diwujudkan melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang terdiri dari empat pilar, yaitu Lingkungan, Pendidikan, Keselamatan Berkendara, dan Pemberdayaan Masyarakat,” katanya.

 

Khusus di bidang Lingkungan, Toyota Indonesia adalah salah satu perusahaan yang konsisten berkontribusi dalam berbagai program pelestarian misalnya saja melalui program Toyota Car for Tree dan Toyota Eco Youth, Program ini pun mendapat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan Nasional. Sejak pertama kali dilaksanakan 12 tahun silam, Toyota Eco Youth sudah melibatkan lebih dari 1.300 sekolah dan lebih dari 5.000 proyek dari berbagai sekolah di 27 provinsi di Indonesia. Sementara Toyota Car for Tree yang berlangsung sejak 2010, di mana TAM menyisihkan sebagian dari laba penjualan dari setiap unit kendaraan untuk program konservasi lingkungan. (Naskah: Iqbal R., Foto: Istimewa)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.