Minggu, 26 Juni 22

Besok, Presiden SBY Terima Presiden Taur Matan Ruak

Besok, Presiden SBY Terima Presiden Taur Matan Ruak

Rudi

Jakarta-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) Taur Matan Ruak dan Ibu Negara Isabel Da Costa Ferreira  di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (21/6) sore.

Menurut Staf Khusus Presiden  Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, kedua presiden  akan melakukan pertemuan khusus dan bersama delegasi masing-masing akan  melakukan pertemuan bilateral.

 

“Pada pertemuan tersebut, kedua kepala negara akan membahas upaya bersama untuk terus meningkatkan hubungan bilateral RI-Timor Leste, baik secara bilateral maupun dalam cakupan kawasan,” ungkap Faizasyah di Jakarta, Kamis (20/6).

 

Menurut Faizasyah,  sejatinya, hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste telah terjalin dengan baik, dan terus menunjukkan peningkatan hubungan di berbagai sektor. Di bidang ekonomi, kerjasama perdagangan kedua negara telah membukukan peningkatan sebesar 27,68% pada periode 2008-2012, hingga mencatat total volume perdagangan sebesar 258,8 juta dollar AS pada tahun 2012.

 

Selain itu, BUMN Indonesia juga ikut menjadi bagian dalam sinergitas upaya pemerintah Indonesia meningkatkan kerjasama ekonomi dengan Timor-Leste. “PT Telkom Internasional, antara lain, telah menanamkan investasi awal sebesar  50 juta dollar AS lewat perusahaan joint venture Telkomcel Timor-Leste, untuk menyediakan layanan komunikasi seluler di Timor-Leste selama 15 tahun,” ungkap Faizasyah.

Lebih lanjut, terkait kerja sama kawasan, menurut Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional itu, Indonesia secara konsisten terus mendukung keanggotaan Timor-Leste di ASEAN. Untuk itu, Indonesia menyambut gembira kesepakatan KTT ASEAN di Brunei pada April 2013 lalu untuk mengundang Timor-Leste sebagai observer dalam pertemuan-pertemuan ASEAN.

 

Bagi Taur Matan Ruak  yang juga dikenal dengan nama José Maria de Vasconcelos dan baru dilantik sebagai Presiden pada 20 Mei 2012 menggantikan Jose Ramos Horta, kunjungannya ke Jakarta ini merupakan  kunjungan pertama kalinya sejak terpilih sebagai Presiden Timor-Leste pada tanggal 6 April 2012. Kunjungan ini juga merupakan kunjungan luar negerinya yang pertama kali.

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.