Rabu, 12 Agustus 20

Besok, Jokowi Lantik Hakim MK Pengganti Hamdan Zoelva

Besok, Jokowi Lantik Hakim MK Pengganti Hamdan Zoelva

Jakarta – Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengaku telah menyerahkan draft  Keputusan Presiden (keppres) tentang pengangkatan hakim Mahkamah Konstitusi pengganti Hamdan Zoelva kepada Presiden Jokowi. Dengan demikian, keppres tersebut tinggal menunggu ditandatangani saja.

“Saya kan belum lihat tanda tangannya Pak Presiden, kami baru mengajukan, sebentar lagi,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/1/2015).

Setelah keppres ditandatangani, Presiden Jokowi akan langsung melantik hakim MK yang baru. Pratikno memastikan penerbitan Keppres ini tidak akan molor karena presiden tidak mau membiarkan kekosongan jabatan hakim MK.

“Oh enggak (akan molor) karena periode lalu kan SK-nya terbit tanggal 6. Jadi tanggal 6 hari ini penerbitan keppres, tanggal 7 (Januari) pelantikan,” tutur Pratikno.

Sebelumnya Tim Panitia Seleksi Calon Hakim MK menyerahkan dua nama calon hakim kepada Presiden Jokowi. Mereka adalah I Dewa Gede Palguna (dosen Hukum Tata Negara di FH Universitas Udayana) dan Yuliandri (Guru Besar FH Universitas Andalas). Presiden akan memilih satu diantara dua nama itu. (Has)

Related posts