Sabtu, 23 Maret 19

Berusia Muda Alinna Wen Xin Duduki Posisi Bergengsi di OPPO Indonesia

Berusia Muda Alinna Wen Xin Duduki Posisi Bergengsi di OPPO Indonesia
* Marketing Director OPPO Indonesia Alinna Wen Xin. (Foto: Fikar Azmy/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ada gula ada semut. Pepatah tersebut begitu sejalan dengan prediksi ibunda
Alinna Wen Xin. Orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Ibunda menyarankannya untuk mengambil studi tentang Indonesia. Menurutnya, sebagai negara
yang sedang berkembang, ini adalah tempat penuh potensi dan menjanjikan. Padahal kala itu tak banyak orang yang tahu tentang Indonesia di Zunyi, kota tempat kelahiran Alinna.

Tepat seperti ramalan sang ibu, Indonesia kini menjadi pasar terbesar kedua bagi OPPO, perusahaan tempat Alinna sekarang bekerja. Sejak masuk ke sini pada 2013, dengan tagline Selfie Expert, OPPO mulai bergerak menguasai pasar mengalahkan merek-merek ternama yang sudah lebih dulu ada. Menyasar pasar milenial dengan target dinikmati kaum muda di seluruh dunia, OPPO menggandeng anak-anak muda kreatif, seperti Alinna dan menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, bukan berarti dia langsung menempati posisinya sekarang tanpa kerja keras. Dia pun mulai dari bawah sama seperti karyawan lainnya.

Strategi Inovatif 
Di usianya yang terbilang muda, Alinna telah menduduki posisi yang sangat bergengsi di perusahaan peralatan telekomunikasi ini. Dia menjabat sebagai marketing director dengan tugas utamanya mengembangkan strategi pemasaran. Itulah sebabnya, dia dituntut untuk selalu inovatif dan peka terhadap tren di masyarakat.

Sebelum menempati posisinya tersebut, dia menjabat sebagai brand manager. Alinna menyadari bahwa dirinya banyak terbantu dari pengalaman yang didapatnya saat mulai bekerja untuk perusahaan ini.

“Saya pernah ditempatkan di pabrik selama beberapa waktu. Dulu tugas saya mengecek bagian kamera, apakah ada spot-spot hitam, cahaya-cahaya yang masuk, dan lain sebagainya,” ujarnya menceritakan masa awal ketika dia bekerja.

Perusahaan ingin semua karyawan menjadi satu production line yang memahami benar produk yang mereka ciptakan.

Saat pertama ditempatkan di Indonesia, dia bahkan sempat terjun langsung menjadi Sales Promotion Girl (SPG) di mal, menawarkan smartphone OPPO yang ketika itu terbilang baru muncul di Indonesia. Minggu pertama dia berjualan di Erafone di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Lalu minggu kedua, dia bertugas di Erafone Mal Ambassador, Jakarta Selatan. Minggu ketiga pindah ke OPPO Store di mal yang sama. Penugasan tersebut memberinya kesempatan untuk mengenal tipikal konsumen Indonesia lebih jauh, apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Dari situlah dia mengembangkan ide-ide dan merencanakan strategi peningkatan penjualan dengan menciptakan konten marketing yang menarik konsumen. (Elly Simanjuntak)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.