Rabu, 22 September 21

Bertemu PM Australia, Jokowi Singgung Pertemuan Bali Process

Bertemu PM Australia, Jokowi Singgung Pertemuan Bali Process

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Jokowi menyambut baik rencana pertemuan Bali Process pada awal tahun 2016. Agenda utama dalam pertemuan itu yakni membahas penyelundupan dan perdagangan manusia.

“Masalah ini merupakan masalah bersama yang melibatkan negara asal, transit, dan tujuan,” kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Presiden Jokowi berharap solusi yang harus dicari dalam pertemuan Bali Process merupakan solusi bersama tanpa mengabaikan penghormatan HAM.

Permasalahan Timur Tengah, khususnya berkembangnya radikalisme dan ISIS juga diangkat oleh Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Australia kali ini.

Presiden mengajak Australia untuk meningkatkan kerjasama dalam memerangi paham dan kelompok radikal melalui program-program deradikalisasi, pertukaran informasid an kerjasama intelijen, serta penangan Foreing Terrorist Fighters (FTF).

Mengenai masalah radikalisme, PM Turnbull memuji praktek keagamaan yang dilaksanakan di Indonesia. Hal tersebut sangat jelas menggambarkan bahwa kelompok-kelompok ekstrim sebenarnya tidak sesuai dengan ajaran dan pandangan Islam.

Pada bagian akhir, PM Turnbull menegaskan bahwa antara Indonesia dan Australia memiliki kesamaan visi, visi untuk bekerja untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat.

Indonesia merupakan negara Asia pertama yang dikunjungi oleh PM Turnbull setelah dilantik menjadi PM Australia ke-29 menggantikan Tony Abbott. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.