Jumat, 29 Oktober 21

Bermasalah, Deddy Curbuzier Dipanggil Ditjen Pajak

Bermasalah, Deddy Curbuzier Dipanggil Ditjen Pajak

Jakarta, Obsessionnews – Pesulap Deddy Corbuzier menanyakan kejelasan kepada Direktorat Jenderal Pajak mengenai adanya permasalahan yang ia alami ketika membayar pajak. Padahal ia telah menggunakan jasa konsultan pajak.

“Saya tidak pernah tak bayar pajak, kadang kelebihan, dan lebih tidak pernah minta lagi, karena itu untuk negara. Ada bukti bayar pajaknya, saya pakai jasa konsultan pajak, kenapa saya dipanggil petugas pajak?” kata Deddy Corbuzier dalam dialog Ditjen Pajak dan Selebriti di Jakarta, Kamis (13/2/2015).

Menurut Deddy, banyak selebriti memakai jasa konsultan pajak, ia tidak mengetahui mana yang baik, itu sekedar referensi teman-teman, si konsultan pajak juga memiliki 10 klien artis. Dibenaknya, pasti konsultan pajak sangat mengerti pengenai perpajakan.

“Kita percaya saja, saya bayar, juga ada bukti pembayaran,” ucapnya.

Lalu sekarang ia dipanggil oleh petugas pajak, dengan alasan SPT saya tidak dilaoprkan oleh konsultan pajak. Jadi, kata Deddy, siapa yang harus dipersalahkan? Konsultan pajak kah? Jadi mesti bagaimana? Menginggat peristiwa hal yang sama, juga dialami oleh teman-temannya yang sesama artis.

Surat Pemberitahuan (SPT) adalah surat yang oleh Wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Melihat permasalahan yang dialami oleh Deddy C ini, Kasubdit Peraturan Pemotongan dan Pemungutan Pajak Penghasilan (PPh) dan PPh Orang Pribadi Goro Ekanto menjawab kegelisahan DC.

“Sesuai perundang-undangan, bayar pajak itu kewajiban dari subjeknya wajib pajak, Mememang aturannya, kalau SPT tidak dimasukan (input), meskipun itu diberikan kepada konsultan pajak yang dipercaya, tapi tetap menyangkut subjek pajak,” jelasnya.

Menurutnya, memilih konsultan pajak susah-susah gampang, karena pajak ini adalah kepercayaan, ternyata konsultan pajak tidak menjaga kepercayaaan. Kedepan, harus jeli mencari konsultan pajak.

Sebentulnya, tambah Goro, bisa datang langsung kekantor pajak dimanapun, kami siap melayani. (Popi Rahim)

Related posts