Kamis, 25 April 24

Berlakukan Sistem Buka Tutup Akibat Jalan Lintas Nasional

Berlakukan Sistem Buka Tutup Akibat Jalan Lintas Nasional

Padang, Obsessionnews – Petugas memberlakukan sistem buka tutup di jalur lintas nasional tepatnya di Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), akibat sedang dilakukan pengerjaan jalan. Pekerjaan jalan di jalur itu terdapat dua titik sepanjang 1,5 kilometer dari 4 kilometer yang harus diselesaikan.

Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Pemukiman (Prasjal Tarkim) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Suprapto mengatakan, pekerjaan jalan di lokasi itu dengan konstruksi beton semen (rigid pavement). Dari total panjang 4 kilometer yang akan dikerjakan, pekerjaan yang tengah berlangsung sepanjang 1,5 kilometer. Pekerjaan jalan tersebut ditargetkan selesai bulan Oktober 2015.

“Kita memang tidak bisa mempercepat pekerjaan, karena programnya pekerjaannya berakhir bulan Oktober 2015 nanti,” kata Suprapto kepada obsessionnews.com, Selasa (30/6).

Meski pekerjaan jalan selesai bulan oktober, memasuki H -7 lebaran 1436 H, seluruh pekerjaan dihentikan, sehingga arus mudik dan balik lebaran tidak begitu terganggu. Pemudik yang melintas di jalur itu bisa berpapasan dua arah, meskipun terjadi sedikit penyempitan.

“Hanya tidak nyaman pas melintas di situ, karena ada perlambatan akibat pekerjaan jalan,” kata Suprapto.

Disaat pekerjaan jalan dihentikan sementara pada H-7, disaat bersamaan petugas dilokasi masih stanbay untuk mengatur arus lalu lintas dengan memberlakukan sistem buka tutup. Petugas ditempatkan dilokasi untuk menghindari agar jangan sampai para sopir saling berebut untuk lewat di lokasi itu.

Suprapto khawatir, apabila tidak diatur demikian sedemikian rupa, dikhawatirkan akan terjadi kemacetan, karena saling berebut untuk melintas. Oleh sebab itu, diharapkan kepada pemudik, supaya berhati-hati dan tidak saling mendahului, agar arus lalu lintas tetap lancar dan terkendali. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.