Senin, 25 Mei 20

Berkah Corona, Stasiun Radio Inggris Siarkan Qur’an dan Hadis

Berkah Corona, Stasiun Radio Inggris Siarkan Qur’an dan Hadis
* Masjid Slough Jamia, Slough, salah satu masjid di Inggris. (Pinterest)Inggris

London – Akibat penutupan Masjid, Perusahaan Penyiaran Inggris (BBC) mulai menyiarkan Al-Qur’an dan hadis Nabi di 14 stasiun radio lokal milik mereka. Acara tersebut dibuka bertepatan dengan jadwal shalat subuh umat muslim Inggris.

Dikutip dari situs Middle East Eye, setiap hari Jumat jam 5:50 waktu setempat, sejumlah radio lokal tersebut mulai menyajikan sebuah program bernuansa islami. Berupa pembacaan beberapa ayat Al-Quran, hadis dan syair, yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

Direktur pelayanan radio lokal BBC, Chris Burns, mengatakan, “Kami hanya ingin merangkul seluruh elemen masyarakat. Semoga warga muslim Inggris dapat merasakan bahwa mereka adalah bagian dari kita, khususnya di masa isolasi seperti ini.”

Gebrakan baru tersebut tidak lepas dari kritikan beberapa pihak. Harry Farley, wartawan yang bertugas di BBC Radio 4 dalam postingan Twitternya membela bahwa keputusan itu cukup adil.

“Teruntuk mereka yang melakukan protes dan meragukan kebijakan terbaru itu, saya hanya ingin mengingatkan bahwa setiap hari Minggu jam delapan pagi kita selalu menyiarkan ritual ibadah umat Kristen di seluruh stasiun radio lokal BBC yang berjumlah 39 stasiun.”

Sementara itu, Pemerintah Inggris beberapa waktu lalu telah mengumumkan prediksi puncak mewabahnya virus Covid-19 di negara tersebut. Dalam beberapa minggu ke depan Otoritas negara percaya bahwa Inggris akan melewati fase sulit itu, jika warga mematuhi setiap instruksi yang ada.

Jumlah kasus Covid-19 di Inggris saat ini tercatat 33.718 orang, 2.921 di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

BBC Siarkan Khotbah Islam Mingguan
Sebanyak 14 stasiun radio lokal menyiarkan refleksi dan doa Islami bersamaan dengan penutupan masjid dan tempat ibadah lainnya ditutup di tengah Covid-19.

British Broadcasting Corporation (BBC) telah mulai mengudarakan refleksi dan doa Islam di 14 stasiun radio lokal ketika masjid-masjid tetap ditutup di tengah pandemi coronavirus.

Menurut laporan media setempat, setiap hari Jumat jam 5:50 pagi, seorang imam yang berbeda akan memimpin siaran, membaca sebuah ayat dari Al-Quran atau perkataan dari Nabi Muhammad, kemudian menerjemahkannya dan berbicara tentang relevansinya, diikuti dengan doa sebentar. .

“Radio lokal adalah tentang menghubungkan komunitas, dan kami berharap refleksi mingguan ini akan membantu orang Muslim merasakan rasa komunitas saat mereka terisolasi,” kata Chris Burns, kepala BBC Radio Lokal.

Pemerintah Inggris memerintahkan semua tempat ibadah ditutup pada 23 Maret sebagai bagian dari langkah-langkahnya yang bertujuan untuk mencegah penyebaran coronavirus.

Beberapa hari sebelum pengumuman, lebih dari 375 masjid dan fasilitas sholat membekukan kegiatan jamaah, menurut Dewan Muslim Inggris (MCB).

“Melindungi semua komunitas kami adalah yang terpenting, dan itu meyakinkan begitu banyak masjid dan fasilitas sholat telah mengindahkan saran ini dalam mencoba yang terbaik untuk meminimalkan penyebaran virus corona,” Harun Khan, sekretaris jenderal MCB, mengatakan bulan lalu.

Banyak masjid di Inggris yang menampung ribuan jamaah sekaligus, termasuk Masjid London Timur, yang memiliki kapasitas 7.000 orang, Masjid Pusat London dengan lebih dari 5.000 dan Masjid Pusat Birmingham, yang secara teratur menampung 2.500 jemaah atau lebih untuk layanan sholat Jumat mingguan.

Beberapa masjid dan komunitas Muslim telah mencoba mengisi kekosongan penutupan dengan menggunakan sarana virtual untuk terlibat dalam praktik spiritual, meskipun kurangnya koneksi fisik sulit untuk digantikan.

Namun, dampak penutupan akan lebih berdampak selama bulan suci Ramadhan, yang akan dimulai pada minggu ketiga April.

Harry Farley, seorang jurnalis BBC Radio 4, menanggapi kritik terhadap pengumuman tersebut dengan menunjukkan bahwa BBC sudah menyiarkan layanan Kristen setiap hari Minggu.

“Dan bagi mereka yang mengeluh tentang / mempertanyakan ini, hanya sebuah pengingat bahwa layanan Kristen disiarkan setiap hari Minggu pukul 8 pagi di semua 39 stasiun radio lokal BBC,” ia tweeted.

Jumlah kasus Covid-19 di Inggris meningkat menjadi 38.168 pada hari Jumat, dengan jumlah kematian mencapai 3.605.

Dalam perjuangan negara itu untuk memerangi virus, dokter Muslim dan profesional kesehatan telah menjadi yang pertama meninggal di garis depan.

Areema Nasreen, seorang perawat berusia 36 tahun, menjadi korban Muslim terbaru di Inggris, bergabung dengan lima orang lainnya yang kehilangan nyawa dalam perang melawan penyakit itu.

Radio Lokal Siarkan Layanan Keagamaan Islam
Radio lokal untuk menyiarkan layanan keagamaan Islam mingguan dengan tidak adanya doa jamaah. Siaran bertujuan untuk menciptakan komunitas radio ketika tidak ada yang fisik.

Refleksi dan doa Islami akan dibagikan di radio lokal di Leicester setiap minggu selama krisis coronavirus.

Dari Jumat, 3 April, komunitas Muslim di kota ini akan dapat mendengarkan BBC Radio Leicester pada Jumat pagi, ketika seorang imam akan berbagi refleksi dan bacaan Islam.

Sesuai dengan panduan Pemerintah, lembaga-lembaga keagamaan sekarang telah ditutup untuk umum, termasuk banyak masjid di seluruh kota. Perubahan telah mempengaruhi rutinitas harian banyak Muslim yang menghadiri masjid secara teratur untuk berdoa.

Sekarang, selain kebaktian mingguan Kristen yang disiarkan secara lokal pada hari Minggu, tempat untuk pendengar Muslim akan bertepatan dengan hari Jummah – shalat Jumat yang memiliki makna khusus dalam Islam.

Setiap minggu, pada jam 5.50 pagi, seorang imam yang berbeda akan memimpin siaran, membaca sebuah ayat dari Al-Quran atau mengatakan dari Nabi, kemudian menerjemahkannya dan berbicara tentang relevansinya hari ini diikuti dengan satu menit doa.

Seorang imam senior di Leeds, Qari Asim MBE, akan menjadi yang pertama memimpin layanan mingguan.

Chris Burns, kepala BBC Local Radio, mengatakan: “Radio lokal adalah tentang menghubungkan komunitas dan kami berharap refleksi mingguan ini akan membantu orang Muslim merasakan rasa kebersamaan saat mereka mengisolasi.”

Sementara banyak Muslim sudah shalat di rumah, bagi sebagian orang absen jamaah sholat di sebuah masjid akan terlewatkan, terutama selama bulan Ramadhan.

Neila Butt, editor berita di BBC England, mengatakan: “Iman adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan orang-orang dan kami ingin sebanyak mungkin orang dapat beribadah terlepas dari semua yang terjadi.”

Layanan keagamaan akan disiarkan di 14 stasiun radio lokal di seluruh Inggris, termasuk Leicester.

Siaran juga akan tersedia untuk mendengarkan setelah itu di situs BBC Sounds. (*/Arabic.Sputniknews/middleeasteye.net/leicestermercury.co.uk)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.