Selasa, 18 September 18

Rizal Ramli: Presiden Tak Perlu Dagang Sapi dengan Partai

Rizal Ramli: Presiden Tak Perlu Dagang Sapi dengan Partai
* Ekonom senior Rizal Ramli. (foto: Kapoy/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ekonom senior Rizal Ramli menyebut ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) sebesar 20 persen dalam sistem Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dianut Indonesia saat ini melanggengkan politik uang dan praktik politik ‘dagang sapi’. Hal ini mengakibatkan orang yang tidak kompeten tetap didukung partai karena memiliki uang.

Menurut Rizal,  menghadapi Pilpres 2019 mendatang Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak perlu melakukan hal tersebut.

“Presiden tidak perlu dagang sapi dengan partai, tidak perlu bagi-bagi duit,” ujar Rizal di rumahnya, Jl Tebet Dalam Barat, Jakarta Selatan, Senin (9/7/2018).

Kemudian dia mencontohkan proses pemilihan di Perancis. Saat itu Emmanuel Macron yang merupakan tokoh baru membuat partai dengan berbekal anggota di Facebook yang berjumlah 200 ribu orang. Partai besutan Emmanuel ini bisa ikut pemilu melawan partai dan tokoh besar. Partai tersebut bahkan tampil sebagai pemenang, karena rakyat Prancis ingin perubahan.

“ltu kan aspirasi rakyat kalau lihat ceritanya, rakyat memilih presiden dulu, habis itu memilih anggota DPR-nya menang mayoritas,” tutur Rizal.

“Tidak perlu juga bertukar menteri yang kagak becus diangkat jadl menteri hanya karena pertimbangan partai, itulah sistem presidential,” tambahnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.