Kamis, 20 September 18

Laris! Film ‘Black Panther’ Raup Keuntungan Rp13 Triliun

Laris! Film ‘Black Panther’ Raup Keuntungan Rp13 Triliun
* Seorang penonton memakai kostum Black Panther saat menyaksikan film pahlawan fiksi tersebut di Nairobi, Kenya, Februari lalu. (BBC)

Film superhero Marvel, Black Panther, telah meraup keuntungan lebih dari US$1 miliar atau Rp13,7 triliun di bioskop-bioskop seluruh dunia.

Seperti dilansir BBC, Selasa (13/3/2018), ini adalah film kelima yang diproduksi di studio Marvel Universe Disney dengan pendapatan tinggi dalam sejarah.

Film ini dibintangi Chadwick Boseman yang berperan sebagai penguasa melawan kejahatan di Wakanda—sebuah negeri fiksi di Afrika dengan teknologi paling maju di bumi.

Aktris pemenang Oscar, Lupita Nyong’o, Michael B Jordan dan Daniel Kaluuya juga memainkan peran kunci, dengan bintang The Hobbit Martin Freeman sebagai agen CIA, Everett Ross.

Film ini mendapat pujian dari kalangan luas—Michelle Obama adalah salah satunya—karena melibatkan banyak pemain dan sutradara berkulit hitam, Ryan Coogler.

Analis box office Jeff Bock mengatakan kepada New York Times: “Saya memikirkannya seperti tembok yang runtuh. Dalam hal Black Panther, tak ada lagi studio film yang mengatakan, ‘Oh, film yang dibintangi banyak kulit hitam tidak akan terkenal, karena peminatnya sedikit.”

Berdasarkan perkiraan penjualan tiket Disney, film tersebut sudah melampaui Rp13,7 triliun pada hari ke 26 peluncurannya.

Situs informasi film IMDB menyebutkan 32 film telah mencetak satu miliar box office, diantaranya Skyfall James Bond 2012Beauty and the Beast yang dibintangi oleh Emma Watson, dan Frozen film klasik anak-anak modern.

Lupita Nyong’o, Michael B Jordan, dan Chadwick Boseman adalah para pemain kunci dalam film Black Panther. (BBC)

 

Pahlawan di antara pahlawan

Awal pekan ini, angka-angka di Inggris menunjukkan raihan keuntungan film Black Panther melampaui film-film superhero lainnya Iron ManThor dan Captain America, setelah mendapat keuntungan kotor sebesar £35,4 juta atau Rp668 miliar dalam tiga minggu.

Dari 18 film Marvel yang dirilis sampai saat ini, hanya dua yang menghasilkan lebih banyak uang di Inggris pada tahap yang sebanding – Avengers: Age Of Ultron (£ 40,4 juta atau Rp771 miliar) di tahun 2015 dan The Avengers (£ 40.3 juta atau Rp769 miliar).

Tanda-tanda kesuksesan film itu terlihat bagus sejak awal – Black Panthermemperoleh keuntungan dua kali lipat dari jumlah yang diperkirakan di AS dan Kanada saat pemutaran pertamanya di akhir pekan.

Bulan lalu, sutradara Coogler menulis sebuah surat yang mengharukan yang berisi ungkapan terima kasih kepada para fans atas dukungan mereka.

“Saya berjuang untuk menemukan kata-kata untuk mengungkapkan rasa syukur saya pada saat ini.” tulisnya.

“Dalam jutaan tahun kami tidak pernah membayangkan bahwa kalian bisa sekuat ini.

“Terima kasih telah memberi kami tim pembuat film hadiah terbesar: Kesempatan untuk berbagi film ini, bahwa kami menuangkan hati dan jiwa kami ke dalamnya, bersama kalian.”

Patty Jenkins, sutradara yang memecahkan rekor dengan film garapannya Wonder Woman tahun 2017, berbagi kegembiraannya dengan Black Panther yang dia sebut sebagai “kesuksesan yang sangat berarti”. (bbc.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.