Selasa, 18 September 18

KPAI Imbau Penyelenggara Wisata Wujudkan Pariwisata Ramah Anak

KPAI Imbau Penyelenggara Wisata Wujudkan Pariwisata Ramah Anak
* Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) konferensi pers Pariwisata Ramah Anak di kantor KPAI, Menteng, Jakarta, Selasa (12/6/2018). (Foto: Humas Kemenpar)

Jakarta, Obsessionnews.com – Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani mengungkapkan, derasnya animo berwisata untuk mengisi liburan keluarga saat ini mengharuskan penyelenggara usaha pariwisata dan masyarakat bahu-membahu mewujudkan pariwisata yang ramah anak.

“Oleh karena itu, Kemenpar dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) merumuskan enam imbauan bagi masyarakat, khususnya para orang tua, dalam mewujudkan wisata yang ramah anak yang dirasa perlu untuk diperhatikan dan dipatuhi,” kata Rizky saat mendampingi Ketua KPAI Susanto dalam konferensi pers Pariwisata Ramah Anak di kantor KPAI, Menteng, Jakarta, Selasa (12/6/2018) seperti dikutip Obsessionnews.com dari siaran pers Kemenpar.

 

Baca Juga: Wisata Liburan, Masyarakat Diimbau Utamakan Perlindungan Anak

 

Adapun imbauan yang dimaksud adalah pertama, peran orangtua untuk turut memandu dalam memilih dan menentukan tempat hiburan yang diinginkan anak dengan mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan anak sesuai dengan usia dan tumbuh kembang mereka.

Kedua, peran orangtua harus mengutamakan keselamatan jiwa anak dengan mencegah segala bentuk kemungkinan terjadinya hal yang tak diinginkan pada anak, misalnya dengan memasang identitas anak sebelum ke tempat wisata bila diperlukan.

Ketiga, peran orangtua senantiasa mendampingi anak-anak baik secara langsung (bersama orangtua) atau pun tidak langsung (tanpa orang tua) dalam aktivitas liburan anak dengan tetap memperhatikan keperluan dan kebutuhan anak di lokasi pariwisata.

Keempat, peran orangtua senantiasa mengawasi dan mengontrol anak dengan baik untuk memastikan aktivitas anak tidak melanggar aturan-aturan di tempat pariwisata.

Kelima, peran orang tua diharapkan turut membangun edukasi dengan penuh kasih sayang kepada anak agar kegiatan pariwisata menumbuhkan manfaat, cinta alam dan ramah lingkungan.

Keenam, untuk mengutamakan keselamatan anak-anak dan keluarga di tempat pariwisata, orang tua harus menghindari konsumsi minuman beralkohol, pemakaian obat-obat terlarang dan segala jenis narkoba. (arh)

 

Baca Juga:

Ridwan Hisjam Optimis Sektor Pariwisata Indonesia Terus Meningkat

Hasanah Halal Travel Fair, Upaya BNI Syariah Populerkan Pariwisata Indonesia

Ridwan Hisjam: Pariwisata Malang Berani Bersaing dengan Negara Luar

Best Achiever In Ministry Arief Yahya (Menteri Pariwisata RI)

Jelajahi Keindahan Destinasi Wisata Cilegon Saat Libur Lebaran

Tiap Hari Sekitar 100 Ribu Wisatawan Kunjungi Makam Sunan Ampel

Wisata Bahari Targetkan 4 Juta Wisatawan

5 Tempat Wisata di Hongkong Wajib Diserbu untuk Musim Panas yang Ceria

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.