Jumat, 3 Februari 23

Beri Penghargaan pada Rakernas Tahun 2022, Menteri ATR/BPN: Ini Bagian Peningkatan Integritas untuk Perbaikan Kinerja dan Pelayanan

Beri Penghargaan pada Rakernas Tahun 2022, Menteri ATR/BPN: Ini Bagian Peningkatan Integritas untuk Perbaikan Kinerja dan Pelayanan
* Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil. (Foto: Humas Kemen ATR/BPN)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menilik kinerja dan capaian Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) beberapa tahun ke belakang, banyak perkembangan, kemajuan, serta terobosan yang telah dilakukan. Pencapaian Kementerian ATR/BPN tidak hanya mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo, namun juga apresiasi dari masyarakat. Pada momen Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian ATR/BPN Tahun 2022, selain lakukan evaluasi, Menteri ATR/Kepala BPN juga memberikan penghargaan bagi insan dan instansi terbaik yang turut berkontribusi memajukan Kementerian ATR/BPN.

“Capaian kita luar biasa. Dilihat dalam gambaran besar, kita telah mendaftarkan hampir 50 juta produk. Saya berterima kasih sekali atas kinerja selama ini, tapi mulai hari ini kita harus tingkatkan lagi kualitas. Berbagai penghargaan yang diberikan ini sebagai reward. Ini juga bagian kita meningkatkan integritas di masa yang akan datang. Untuk memperbaiki kinerja dan pelayanan kita,” ujar Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil saat Rakernas di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (23/03/2022).

Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan penghargaan yang sebelumnya telah diterima kementerian dari lembaga lain adalah bentuk apresiasi yang termonitor. Selain itu, banyak juga apresiasi dari masyarakat karena Kementerian ATR/BPN kini lebih proaktif. “Maka kita berikan award kepada semua bupati, wali kota, yang telah sangat proaktif untuk membantu, misalnya pembebasan BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan, red). Ini adalah sesuatu yang patut kita apresiasi,” ungkap Sofyan A. Djalil.

Kementerian ATR/BPN juga memberikan penghargaan kepada satker yang mendukung tugas dan fungsi kinerja Bank Tanah melalui pemberian Hak Pengelolaan (HPL) kepada Badan Bank Tanah. Adapun satker yang diberikan penghargaan terkait hal ini antara lain Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Sumatra Utara, Kanwil BPN Provinsi Banten, Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat, Kanwil BPN Provinsi Bali, Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah, dan Kanwil BPN Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penghargaan juga turut diberikan kepada Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Tanjung Balai, Kantah Kabupaten Asahan, Kantah Kabupaten Serang, Kantah Kabupaten Purwakarta, Kantah Kabupaten Tabanan, Kantah Kabupaten Brebes, dan Kantah Kota Semarang.

“Saat ini Bank Tanah baru diberikan tiga sertipikat HPL, tapi semua yang telah memberikan komitmen berkontribusi, kita apresiasi. Bank tanah ini masih baru. Di masa mendatang, Bank Tanah akan luar biasa powerfull sebagai instrumen negara dalam menciptakan ekonomi yang berkeadilan,” jelas Menteri ATR/Kepala BPN dikutip Obsessionnews.com Kamis (24/3).

Kementerian ATR/BPN telah berusaha mewujudkan “ATR/BPN kini lebih baik” dengan kerja keras. Sehingga, seluruh program strategis Kementerian ATR/BPN dapat terselesaikan dengan baik. Itu semua dapat terwujud karena sinergi bersama, saling bahu-membahu memperkuat integritas untuk meningkatkan kualitas pelayanan. “Apresiasi kepada seluruh insan ATR/BPN. Sampaikan salam hormat saya pada seluruh pegawai, yang bekerja siang-malam untuk menyelesaikan program-program ATR/BPN. Ke depan kita tingkatkan lagi, yang paling penting adalah kualitas. Oleh sebab itu, jaga betul integritas pekerjaan kita,” imbau Sofyan A. Djalil.

Pada malam puncak penutupan Rakernas Tahun 2022, penghargaan yang disampaikan terbagi menjadi empat segmen, yaitu penghargaan Kementerian ATR/BPN kepada instansi lain yang telah membantu tugas dan fungsi kementerian; penghargaan dari instansi lain kepada Kementerian ATR/BPN; penghargaan Kementerian ATR/BPN kepada satuan kerja (satker) terbaik dan pegawai yang berkontribusi luar biasa di kementerian; serta penghargaan kementerian ATR/BPN kepada satker yang mendukung tugas dan fungsi Badan Bank Tanah.

Pada kesempatan lain, Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati, menjabarkan detail penghargaan yang diberikan kepada unit satuan kerja atas kinerjanya tahun 2021.

Kategori penghargaan tersebut meliputi, Kantor Pertanahan dengan Nilai Kinerja Anggaran Terbaik; Kantor Pertanahan dengan Predikat Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Terbaik Tahun 2021; Kantor Pertanahan dengan Jumlah Desa Lengkap Terbanyak Tahun 2021; Kantor Wilayah BPN dengan Pelaksanaan Redistribusi Tanah Terbaik Tahun 2021; Kantor Wilayah BPN Penyelenggara Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum Terbaik Tahun 2021; Kantor Pertanahan Penyelenggara Konsolidasi Tanah dan Pengembangan Pertanahan Terbaik Tahun 2021; Kantor Wilayah BPN Atas yang Menyerahkan Aset untuk Bank Tanah; Kantor Wilayah BPN dengan Penanganan dan Penyelesaian Kasus Pertanahan Terbaik Tahun 2021; serta apresiasi kepada pencipta lagu “Ayo Buat Sertipikatmu”, “Sentuh Tanahku”, “Pejuang PTSL”, dan juga “ATR/BPN Maju dan Modern”.

“Kami juga memberikan penghargaan ke pemerintah daerah yang kontribusinya dalam mendukung program strategis ATR/BPN cukup signifikan, yang bantu menyukseskan program pendaftaran tanah,” kata Yulia Jaya Nirmawati. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.